

Marketing.co.id – Berita Marketing | Di tengah lanskap bisnis yang dinamis dan melek teknologi, banyak perusahaan yang berusaha menjalankan berbagai fungsi bisnis dengan efektif dan efisien tanpa hambatan. Inilah mengapa semakin banyak perusahaan mengadopsi layanan Business Process Outsourcing (BPO). Bukan hanya untuk pekerjaan lapangan atau blue collar, tetapi untuk berbagai fungsi strategi yang mendukung pertumbuhan bisnis.
Di masyarakat umum, BPO masih sering diasosiasikan dengan layanan seperti petugas kebersihan atau staf administrasi dasar. Padahal, saat ini BPO telah berevolusi menjadi solusi strategi yang mencakup fungsi-fungsi yang lebih tinggi seperti analisis data, kepatuhan, hingga aktivitas pemasaran, dan fungsi-fungsi lain yang berperan langsung dalam keberhasilan operasional perusahaan.
Transcosmos Indonesia (TCID), salah satu penyedia layanan BPO di Indonesia, telah menghadirkan layanan outsourcing lintas fungsi untuk menjawab kebutuhan berbagai sektor industri, dari ritel dan asuransi hingga fashion dan organisasi nirlaba.
Vice President Director Transcosmos Indonesia Ardi Sudarto menjelaskan, masih banyak yang mengira BPO hanya untuk pekerjaan manual atau repetitif dan yang berkaitan dengan layanan call center. Padahal, saat ini BPO sudah menjadi solusi strategis untuk membantu perusahaan menjalankan fungsi penting dengan lebih cepat, fleksibel, dan aman. “Kami tidak hanya fokus pada efisiensi, tetapi juga memastikan kualitas, berikut, dan keamanan data dalam setiap layanan yang kami berikan,” katanya.
Beberapa bentuk layanan BPO yang kini semakin banyak dimanfaatkan Perusahaan, kata Ardi, entri data dan digitalisasi dokumen, petugas perlindungan data, sosialisasi pemasaran dan aktivasi lapangan, dukungan backend dan administratif, serta perekrutan.
“Di era bisnis yang berubah cepat, perusahaan harus bisa beradaptasi tanpa menambah beban struktural. BPO menjadi solusi tepat. Untuk itu, kami hadir sebagai mitra yang tak hanya efisien, tapi juga andal,” tutup Ardi.