Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Social Networking, tools-nya marketer

Terbenak di dalam pikiran seorang pemasar pada saat ini, salah satu tools yang digunakan oleh pemasar yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pemasaran yaitu dengan menggunakan social networking. Social networking yang terdiri dari Facebook, Twitter, LinkedIn, Fan Page, serta media yang lainnya, memberikan peranan yang penting yaitu untuk membangun sebuah hubungan dengan konsumen secara personal.

Social Networking merupakan sebuah komunitas atau wadah sebagai tempat berkumpulnya individu-individu untuk membuat sebuah group untuk membangun hubungan yang baik. Selain itu, situs jaringan sosial tidak hanya bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain secara global tetapi, hal ini juga merupakan salah satu cara efektif untuk melakukan promosi bisnis secara online. Banyak orang yang berpikiran bahwa, sekarang ini di dalam melakukan bisnis secara online dan menggunakan situs-situs jaringan sosial untuk menanggapi permintaan pelanggan. Ini bukan hanya situs media sosial yang digunakan untuk bersosialisasi dengan teman-teman Anda, tetapi juga merupakan sebuah informasi mengenai bisnis yang ada.

Seperti halnya dengan pelopor toko online ini, yaitu tokobagus.com. Tokobagus.com adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk ataupun jasa. Selain itu, banyaknya para pesaing saat ini yang semakin marak untuk melakukan perdagangan secara online. Lain halnya dengan ayofoto.com, bahkan menurut Dibya Pradana, pendiri sekaligus CEO PT Jejala Pararta International yang menaungi AF, penjualan foto lewat situsnya tahun 2010 sudah meningkat sangat drastis.

Perkembangan jejaring sosial yang sangat pesat ditandai dengan banyaknya kemunculan media jejaring sosial (Social media), diantaranya seperti layanan MySpace, Friendster, Facebook , Twitter , LinkedIn, Meebo, dan lain-lain. Apabila dilihat dari jumlah pengguna, saat ini Social Media di Indonesia dikuasai oleh 2 pemain besar, yaitu Facebook dan Twitter . Pengguna kedua layanan ini kecenderungannya meningkat dari tahun-ke tahun. Berdasarkan data salingsilang.com (2011), pengguna Facebook di Indonesia sampai dengan Februari 2011 sebanyak 34.990.080 pengguna, dan pengguna Twitter sebanyak 4.883.228 pengguna.

Penggunaan jejaring sosial memungkinkan pengguna melakukan perubahan (update), baik itu informasi, status, content, dan lain-lain, setiap saat secara online dengan menggunakan IT sebagai media penyampaiannya. Hal yang membuat jejaring sosial banyak diminati adalah dimungkinkannya berhubungan dengan banyak pihak tidak terkendala dengan faktor jarak dan

waktu, dan hanya membutuhkan usaha dan sumber daya yang minimal, yaitu, cukup dengan tersedianya media IT dan koneksi internet.

Trend penggunaan social network yang terus meningkat, diikuti pula dengan peningkatan penggunaan perangkat bergerak (mobile device) dalam pengaksesan social network. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya akses internet bergerak (mobile internet), diakses oleh berbagai pihak, .karena pada saat ini operator-operator telekomunikasi seluler di indonesia menggunakan mekanisme pengaturan tarif yang lebih fleksibel dan kompetitif ibandingkan sebelumnya. Data digital surgeons (2010) menyebutkan bahwa 30% pengguna Facebook dan 37% pengguna Twitter mengakses layanan ini menggunakan mobile device.

Banyak faktor lain yang menyebabkan meningkatnya jumlah pengguna internet mobile. Menjamurnya peredaran smartphone merupakan faktor utama meningkatnya jumlah netter yang mengakses internet via ponsel. Disusul oleh berbagai ponsel murah yang telah memiliki fitur web browsing. Juga, situs-situs social network sangat populer di Indonesia, sehingga pengguna internet tidak bisa berlama-lama tidak membuka akun social network masing-masing, dan akses via ponsel atau mobile menjadi pilihan utama. Ditambah lagi dengan tarif akses data internet yang semakin murah dari hari ke hari. (Marketing.co.id/Bintoro Halim, S.E,M.M)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

 

 

 

Click to comment

0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    To Top