Sunday, August 31, 2025
HomeMARKETING#SiPalingSustainable di Ujung Jari, Digitalisasi untuk Lingkungan Lebih Baik

#SiPalingSustainable di Ujung Jari, Digitalisasi untuk Lingkungan Lebih Baik

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) terus memperkuat peranannya dalam mendukung keberlanjutan lingkungan melalui kampanye Indonesia Asri. Memasuki tahun kedua, inisiatif ini telah melibatkan lebih dari 2.200 relawan dari komunitas Warga Asri dan meluncurkan program baru bertajuk #SiPalingSustainable yang berfokus pada aksi nyata dan edukasi berbasis digital.

(kiri ke kanan): Cynthia Lestari (Sustainability KOL), Chrysanthi Tarigan (Head of Corporate Communication Chandra Asri Group), dan Jalal (Sustainability Consultant, Advisor and Provocateur).
PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), terus menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan melalui berbagai inisiatif, salah satunya dengan meluncurkan #AksiAsri365 dan #SiPalingSustainable. Foto: marketing.co.id/lialily.

Menurut Chrysanthi Tarigan, Head of Corporate Communication Chandra Asri Group, kampanye ini bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar menerapkan gaya hidup ramah lingkungan yang berdampak positif bagi generasi mendatang. “Kami ingin memberikan ruang bagi masyarakat untuk berkontribusi langsung pada keberlanjutan melalui tantangan yang mudah diakses, baik secara digital maupun dalam aktivitas sehari-hari,” ujar Chrysanthi.

Salah satu inisiatif unggulan pada tahun pertama, yaitu #AksiAsri365, mendorong masyarakat dari berbagai latar belakang untuk mengadopsi kebiasaan berkelanjutan selama 365 hari. Program ini mencatat keikutsertaan aktif 610 partisipan, mulai dari pelajar hingga profesional, dengan fokus pada topik seperti gaya hidup sehat, ekonomi sirkular, dan pengurangan jejak karbon. Data program menunjukkan bahwa peserta antusias mengintegrasikan praktik ramah lingkungan ke dalam kehidupan mereka.

Melanjutkan semangat ini, program #SiPalingSustainable dirancang untuk memperluas dampak kampanye dengan memanfaatkan platform digital, seperti situs web dan media sosial. Warga Asri didorong untuk menjadi agen perubahan melalui berbagai tantangan yang dapat diakses secara online, di mana mereka juga mendapatkan apresiasi berupa poin. “Tantangan ini menggabungkan edukasi dan partisipasi aktif masyarakat sehingga mereka terlibat langsung dalam aksi yang memberikan dampak positif pada lingkungan,” tambah Chrysanthi.

Program Indonesia Asri sebelumnya juga mencakup berbagai kegiatan seperti Operasi Semut untuk edukasi pengelolaan sampah, penguatan Bank Sampah di Pondok Labu, hingga kolaborasi dengan mitra strategis seperti Kitaoneus, Mineral Botanica, dan IPR (Indonesia Plastic Recyclers). Dari program Operasi Semut saja, tercatat 180,65 kg sampah berhasil dikumpulkan dan dikelola dengan baik.

Selain itu, Bank Sampah di SMAN 49 Jakarta menjadi salah satu bukti konkret pemberdayaan komunitas yang berdampak. “Upaya ini menunjukkan bahwa keberlanjutan bukan hanya konsep besar, tetapi sesuatu yang bisa diwujudkan secara nyata dengan langkah kecil, dimulai dari rumah atau sekolah,” ungkap salah satu perwakilan komunitas Warga Asri.

Kampanye ini mencerminkan upaya kolektif dalam mendorong transformasi berkelanjutan di Indonesia. Dengan pendekatan digital dan kolaborasi yang kuat, Indonesia Asri berharap dapat menjangkau lebih banyak masyarakat untuk terlibat dalam gaya hidup yang mendukung keberlanjutan, baik untuk masa kini maupun masa depan.

RELATED ARTICLES

Most Popular