Marketingcoid – Singapure Airlines menjawab tantangan dunia digital dengan menerapkan solusi Amadeus Revenue Management dalam sistem financial-nya.
Dukungan teknologi pengelolaan pendapatan milik Amadeus tersebut akan membuat Singapore Airlines siap dan lincah dalam menghadapi berbagai perubahan di masa depan dalam dunia aviasi yang dinamis, terutama karena konsumen digital kini tidak lagi melakukan pemesanan tiket penerbangan dari satu kanal atau satu perangkat saja.
Isi perjanjian kerja sama dengan Amadeus tersebut menyebutkan bahwa Singapore Airlines akan menerapkan sistem Amadeus Altéa Network Revenue Management, sebuah sistem pengelolaan pendapatan berbasis O&D (Origin & Destination = asal dan tujuan akhir) generasi lanjut yang dirancang siap untuk berbagai perubahan di masa depan.
Bukan hanya itu, sistem tersebut juga terintegrasi sepenuhnya dengan sistem merchandising antara lain penetapan skema harga dinamis (dynamic pricing), pengelompokan tarif (fare families) dan penjualan sampingan (ancillary sales).
Karena mengambil data dari berbagai sumber, sistem ini akan menyediakan saranan harga dan paket penerbangan yang sangat cepat, akurat dan juga cerdas.
Menurut Julia Sattel, Senior Vice President, Airline IT, Amadeus IT Group, perubahan yang terjadi dalam industri penerbangan membutuhkan pendekatan yang revolusioner.
Pengelolaan pendapatan tradisional tidak lagi mencukupi untuk mendukung kebutuhan maskapai yang demikian kompleks, sehingga ‘big data’ dibutuhkan untuk menciptakan berbagai peluang dan praktik yang baru.
“Kami berada di posisi yang unik karena mampu menawarkan solusi yang bisa mengekstrak nilai tambah dari data yang kami miliki sehingga maskapai penerbangan bisa mengetahui pola pembelian konsumennya melalui berbagai kanal dan perangkat,” katanya.
Selain menerapkan sistem Amadeus Altéa Network Revenue Management, Singapore Airlines juga akan menggunakan solusi Amadeus Dynamic Pricing dan Amadeus Altéa Group Manager.