Sinergi Sampoerna & Gerakan Pakai Masker Dukung Pemerintah Tanggulangi Dampak Pandemi

Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penularan COVID-19 sekaligus menggerakkan roda perekonomian, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bersinergi dengan Gerakan Pakai Masker (GPM). Implementasi kerja sama antara Sampoerna untuk Indonesia dengan Perkumpulan Sahabat Peduli Bangsa Maju (PSPBM) yang menaungi Gerakan Pakai Masker dilakukan dengan merangkul lebih dari 50.000 toko kelontong di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC).

sampoerna

Elvira Lianita, Direktur Sampoerna, mengatakan, dengan total tenaga kerja langsung dan tidak langsung sebanyak 60 ribu karyawan, Sampoerna secara konsisten mengedukasi mereka untuk patuh protokol kesehatan selama bekerja, maupun ketika beraktivitas di rumah dan di tempat umum. Upaya yang dilakukan adalah membagikan masker, cairan sanitasi tangan, vitamin, dan cairan disinfektan untuk dibawa pulang.

“Selain itu, membagikan dan mengharuskan pemakaian masker secara rutin, meminta para karyawan untuk disiplin menjaga jarak fisik, dan rajin cuci tangan dengan sabun dan memberikan cairan antiseptik tangan untuk dipakai secara regular. Tak hanya itu, kami juga memberikan alat penyemprot beserta cairan disinfektan untuk dibawa pulang, yang dapat dipakai selama berada di luar fasilitas produksi,” tambah Elvira.

Baca juga: Hari Cuci Tangan Sedunia, Sektor Swasta dan Masyarakat Sipil Dukung KSP-CTPS

Selain kepada karyawan dan mitra usaha, perubahan juga dilakukan melalui media iklan produk. Dimana, Sampoerna menerapkan protokol kesehatan ketika pemeran iklan tersebut berada di area publik dengan menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas.

Elvira menegaskan, bahwa sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak merupakan kunci dalam upaya memutus mata rantai penularan COVID-19. Selain bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, sinergi program Gerakan Pakai Masker ini juga merupakan bagian dari wujud nyata kepedulian Sampoerna dalam percepatan penanganan dampak pandemi terhadap perekonomian juga kesehatan masyarakat.

Karena itu, program ini sejalan dengan upaya berkelanjutan untuk mendukung UMKM, termasuk para pemilik toko kelontong, agar mereka tetap produktif di masa pandemi dengan menerapkan protokol pencegahan penularan virus COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Sigit Pramono, Ketua Umum Gerakan Pakai Masker menambahkan, “Seiring dengan edukasi terus-menerus secara berkelanjutan oleh pemerintah mengenai pentingnya menggunakan masker yang benar, juga perlu adanya peran aktif dari berbagai kalangan termasuk pelaku usaha, dalam hal ini Sampoerna. Untuk itu, sinergi dengan Sampoerna untuk Indonesia melalui kickoff program secara daring yang juga dihadiri oleh perwakilan pelaku UMKM yang tergabung di SRC.”

Adapun metode pelaksanaan program Gerakan Pakai Masker, Sampoerna sendiri mengimplementasikan Gerakan Pakai Masker melalui beberapa inisiatif, yaitu melalui penyuluhan bagaimana memakai masker dengan bahan yang tepat dan dengan cara yang benar kepada lebih dari 120.000 toko kelontong yang tersebar dari Sabang hingga Merauke menggunakan materi sosialisasi seperti sticker, poster, banner yang dibagikan melalui aplikasi digital AYO SRC.

Selain itu akan dilakukan pemasangan billboard tentang himbauan memakai masker yang tepat dan dengan bahan yang benar untuk lindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan virus Corona di 12 titik lokasi yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, dan Makassar.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.