Sinergi Asuransi dan Media Hadapi Tantangan Ekonomi Global

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Financial Services | Ketidakpastian ekonomi global dan nasional masih menjadi tantangan utama menuju 2025 dan menjadi diskusi dari Allianz Indonesia bertajuk “Economy Outlook 2025: How Insurance & Media Industry Navigate the Uncertainty” mengupas proyeksi ekonomi dan pentingnya kolaborasi asuransi serta media dalam mendukung masyarakat.

Alexander Grenz, Country Manager & President Director Allianz Life Indonesia, menegaskan pentingnya literasi finansial dan perlindungan asuransi di tengah kondisi ekonomi yang sulit. “Kami berkomitmen membantu masyarakat mencapai keamanan finansial dengan menyediakan solusi perlindungan jiwa, kesehatan, syariah, hingga asuransi umum,” ujarnya.

Sementara itu, Poltak Hotradero, Business Development Advisor Bursa Efek Indonesia, menjelaskan ekonomi global tumbuh 3,2% di 2024, tetapi stagnasi diprediksi untuk 2025. “Soft landing menjadi fokus bank sentral untuk menghindari resesi. Namun, ketidakpastian global dan domestik tetap berdampak pada daya beli masyarakat,” katanya. Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga arus kas, dana darurat, serta proteksi finansial.

Management Allianz Indonesia yang diwakili oleh Himawan Purnama, Country Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, Wahyuni Murtiani, Head of Corporate Communications Allianz Indonesia, Alexander Grenz, Country Manager & President Director Allianz Life Indonesia, bersama dengan para juri Allianz Journalist Writing Competition 2024: Titin Rosmasari, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia, Poltak Hotradero, Business Development Advisor Bursa Efek Indonesia, Gunawan Wicaksono, Chief Photo Editor Tempo, berfoto bersama pada acara Diskusi Media yang mengangkat topik Economy Outlook 2025: How Insurance & Media Industry Navigate the Uncertainty. Dalam acara yang sama, Allianz juga mengumumkan pemenang terbaik untuk Allianz Journalist Writing & Photo Competition 2024. Foto: Ist.

Di Indonesia, pertumbuhan ekonomi triwulan III 2024 mencapai 4,95% (yoy), tetapi melambat dibandingkan kuartal sebelumnya. Sektor manufaktur melemah dengan PMI turun ke level 49,7, terendah sejak 2021.

Himawan Purnama, Country Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, menyebut penetrasi asuransi masih rendah di angka 2,8%, meski literasi asuransi sudah meningkat. Allianz terus berinovasi dengan produk untuk semua segmen, seperti generasi muda hingga keluarga mapan, dan aktif dalam edukasi keuangan melalui media sosial, artikel, hingga kompetisi jurnalistik.

Titin Rosmasari, Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com, menyoroti peran media sebagai penyaring informasi di era digital. “Media harus terus memberikan informasi terverifikasi, terutama untuk mengedukasi anak muda agar lebih bijak dalam mengelola keuangan,” katanya. Senada dengan itu, Gunawan Wicaksono, Chief Photo Editor Tempo, menambahkan bahwa foto jurnalistik tetap menjadi elemen penting dalam membedakan fakta dan hoaks di era AI.

Melalui inisiatif bersama, Allianz dan media optimistis dapat meningkatkan kesadaran finansial masyarakat dan menghadapi tantangan ekonomi 2025 dengan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here