Cara RSIJ Muhammadiyah Bangun Kepuasan dan Loyalitas Pasien

0
SIMRS teraMedik, Kunci Kepuasan Pasien di Grup RSIJ Muhammadiyah
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

SIMRS teraMedik, Kunci Kepuasan Pasien di Grup RSIJ MuhammadiyahSIMRS teraMedik menjadi kunci keunggulan kompetitif Grup RSIJ Muhammadiyah di era layanan kesehatan berbasis data dan efisiensi operasional.

Marketing.co.id – Berita Digital | Transformasi digital di sektor kesehatan kini menjadi kunci untuk menghadirkan pelayanan yang cepat, tepat, dan nyaman bagi pasien. Tiga rumah sakit besar di bawah Grup RSIJ Muhammadiyah, yakni RS Islam Jakarta Cempaka Putih, RS Muhammadiyah Bandung Selatan, dan RS Muhammadiyah Kota Bandung, resmi mengadopsi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) teraMedik untuk membangun ekosistem layanan yang lebih baik dan berfokus pada kepuasan pasien.

Direktur Keuangan Konsolidasi Grup RSIJ Muhammadiyah Teguh Pantjatmono menegaskan bahwa perubahan ini bukan hanya soal modernisasi sistem, tetapi juga tentang memberikan pengalaman terbaik bagi pasien. “Mayoritas pasien kami adalah peserta BPJS, dan mereka butuh layanan yang cepat dan tidak berbelit-belit. SIMRS teraMedik membantu kami memangkas waktu proses klaim, mempercepat pelayanan, dan menghadirkan kenyamanan bagi pasien,” jelasnya.

Salah satu perubahan paling dirasakan pasien adalah kecepatan layanan. Dengan sistem yang telah terintegrasi penuh dengan ekosistem BPJS Kesehatan, mulai dari V-Claim, E-Klaim, hingga Mobile JKN dan Applicares, proses administrasi menjadi jauh lebih cepat dan akurat. Pasien tidak lagi dipusingkan dengan pengisian berulang atau antrian yang panjang hanya untuk proses administrasi.

“Dulu saat pakai sistem manual, kadang pasien harus menunggu lama untuk proses verifikasi BPJS. Sekarang, semua bisa dicek secara real-time. Pasien langsung merasa lebih nyaman karena prosesnya lebih singkat,” tambah Teguh.

Selain soal administrasi, penerapan rekam medis elektronik (RME) juga sudah sesuai standar SatuSehat dari Kementerian Kesehatan. Dengan data medis yang tersimpan secara digital dan aman, dokter bisa mengakses riwayat kesehatan pasien dengan cepat dan akurat. Misalnya, pasien yang rutin kontrol di RS Muhammadiyah Bandung Selatan, lalu suatu saat butuh perawatan di RS Islam Jakarta Cempaka Putih, rekam medisnya langsung bisa diakses tanpa perlu bawa berkas fisik lagi. Ini tentu membuat pelayanan lebih seamless dan keputusan medis jadi lebih tepat.

Lebih dari sekadar efisiensi internal, transformasi ini berdampak nyata pada kenyamanan pasien. Waktu tunggu yang lebih singkat, kejelasan informasi tagihan dan klaim, serta akses informasi kesehatan pribadi secara lebih mudah adalah beberapa keuntungan langsung yang dirasakan pasien.

Bahkan, dengan sistem apotek online yang sudah terintegrasi, pasien bisa langsung mengetahui ketersediaan obat dan mempercepat proses pengambilan resep. “Pasien tidak perlu lagi bolak-balik atau menunggu lama di bagian farmasi. Semua proses jadi lebih cepat dan transparan,” jelas Muhamad Epi Jarnel, Direktur Marketing PT. Terakorp Indonesia.

Membangun Layanan Kesehatan yang Ramah Pasien

Standarisasi SIMRS teraMedik di seluruh Grup RSIJ Muhammadiyah tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang budaya pelayanan yang lebih ramah pasien. Dengan satu sistem yang terintegrasi, rumah sakit mampu menyusun program kesehatan preventif yang lebih personal dan tepat sasaran berdasarkan data yang akurat.

“Tujuan akhirnya adalah membangun layanan kesehatan yang tidak hanya cepat, tapi juga humanis dan nyaman untuk pasien. Teknologi hanyalah alat, intinya tetap pada bagaimana kami bisa meningkatkan kualitas hidup pasien,” tutup Teguh.