Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Sikat Gigi Saat Puasa Membatalkan Tidak?

Via Tribunnews.com

Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan bagi umat muslim di seluruh dunia. Karena pada bulan tersebut, umat muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Sudah tentu, tata cara puasa telah dijelaskan oleh nabi Muhammad SAW; mulai dari waktu sahur, berbuka, apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang menjalani ibadah puasa karena dapat membatalkan puasanya. Berikut kekeliruan yang beredar di masyarakat tentang hal yang membatalkan puasa.

1. Muntah bukan termasuk hal yang membatalkan puasa
Muntah tidak membatalkan puasa jika kita melakukannya dengan tidak sengaja. Hal ini telah dijelaskan dalam kitab-kitab fiqih para ulama yang merujuk dari sifat puasa nabi. Namun sebagian masyarakat masih menyakini jika muntah –baik sengaja atau pun tidak– dapat membatalkan puasa.

2. Ngupil
Tuduhan ini sangat sering terdengar sejak kita masih kecil dahulu, saat kita melihat teman kita yang sedang ngupil maka dengan segera kita mengatakan puasanya telah batal. Bahkan kebiasaan tersebut masih terbawa sampai dewasa. Akibatnya masih banyak orang yang ragu, apakah ngupil membatalkan puasa? Memang, ada pernytaan yang berbunyi: “segala benda yang di masukan kedalam lubang tubuh secara sengaja maka dapat membatalkan puasa”.
Namun, kaidah ini akan mental dengan penjelasan di poin selanjutnya.

3.Keluarnya darah disebabkan luka
Sering kita dengar jika salah satu anggota tubuh kita terluka dan mengeluarkan banyak darah maka puasa yang tengah dijalankan dianggap batal. Sementara, dijelaskan dari sebuah hadist Nabi Saulallahu’alaihiwassalam bahwa Nabi melakukan bekam saat beliau tengah berpuasa. Nabi aja bekam saat puasa, dan yang namanya orang bekam itu sudah pasti mengeluarkan darah.

4.Menyikat gigi bukah hal yang membatalkan puasa, apabila
Kebanyakan umat yang berpuasa enggan menyikat gigi di siang hari karena menganggap kegiatan tersebut langsung membatalkan puasa. Anggapan ini tidak benar! Kecuali, kamu menelan air dan pasta gigi dengan sengaja demi menghilangkan dahaga.
Pada dasarnya, kita wajib menjaga kebersihan tubuh saat berpuasa atau pun tidak. Nah cara membersihkan mulut kita agar nafas segar ya dengan menyikat gigi dan berkumur. Nabi menyuruh kita agar berkumur di saat mengambil wudhu. Di hadist riwayat Imam Bukhori dan Muslim, Nabi Saulallahu’alaihiwassalam bersabda:
“Jika tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan untuk bersiwak (menyikat gigi) setiap kali akan beruwuduk.”
Kita menjalankan salat lima waktu dalam sehari, 2 waktu di antaranya ada di siang hari. Jadi, berkumur dan menyikat gigi tidak serta-merta membatalkan puasa. Karena Nabi Muhammad SAW tetap bersiwak pada setiap wudhu walaupun beliau dalam keadaan berpuasa.

4.Menyiram kepala saat mandi
Hal ini tidak membatalkan puasa karena dijelaskan pada suatu hadist riwayat Abu Daud, Nabi Muhammad SAW pernah mengguyur air dari kepalanya pada saat berpuasa. Dan sebagian sahabat pernah mandi dengan pakaian dan pakaian tersebut dibiarkan kering di badan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top