Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Siaran Pers Masih Ampuh!

siaran persSiaran pers (press release) memang memiliki tempat tersendiri dalam bidang pemasaran. Terbukti dengan banyaknya perusahaan yang mengirimkan siaran pers kepada media untuk menginformasikan mereknya.

Namun bertolak belakang dengan itu, PR Daily baru-baru ini menyatakan, ternyata banyak orang yang ingin membunuh siaran pers. “Mengapa banyak orang yang terburu-buru membunuh siaran pers?,” tulis PR Daily pada lamannya.

Manfaat Siaran Pers

Padahal jika diketahui, siaran pers memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah:

1. Dapat meningkatkan SEO pada situs perusahaan

Diberitakannya merek serta produk Anda pada sebuah media tentu akan membuat penasaran publik. Setelah itu, tentu mereka akan mengunjungi situs Anda. Hal itu akan meningkatkan validitas situs Anda? Dan itu berbanding lurus dengan kekuatan SEO sebuah website.

2. Dapat mendatangkan pelanggan baru

Tentu Anda tahu, bahwa liputan media dinilai lebih objektif dibandingkan dengan tayangan iklan. Tidak hanya itu, semakin banyak merek Anda diliput, maka kepopulerannya pun semakin tinggi. Dengan dua alasan ini, apakah Anda masih ragu bahwa siaran pers dapat mendatangkan pelanggan baru?

3. Dapat membantu menginformasikan produk baru

Ketika Anda meluncurkan sebuah produk baru, tentu Anda ingin menginformasikannya secara luas. Caranya bisa dengan mengiklankannya atau menaruhnya di situs perusahaan. Tapi ketika diliput oleh media, merek tidak hanya diperhatikan oleh pelanggan setia saja, tapi juga mereka yang masih tertarik dengan segmen produk Anda.

4. Dapat meningkatkan awareness

Awalnya khalayak mungkin tidak tahu dengan merek pakaian yang Anda usung, tapi ketika ia melihatnya di sebuah media mainstream, ia jadi sadar, bahwa ada sebuah merek fashion baru. Ia bisa saja langsung penasaran dan mencari tahu tentang produk Anda, tapi meskipun tidak, minimal merek Anda pernah ia dengar.

“Tindakan menulis siaran pers membantu bisnis mengasah pesan mereka dan fokus pada unsur-unsur yang menjadi kunci,” tulis PR Daily. “Ini membantu mereka dalam berkomunikasi dengan khalayak, baik eksternal maupun internal.”

Selain membuat pesan dengan sekreatif mungkin, konsisten dalam mengomunikasikan pesan merek juga perlu Anda lakukan dalam sebuah siaran pers.

 

Sumber: PR Daily | Ilustrasi: Ninahale

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top