Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Setelah 8 Tahun Didirikan, Indigo Lakukan Rebranding

Peresmian brand baru ini bukan hanya peluncuran logo baru, melainkan juga tagline baru dan perubahan beberapa model pengelolaan program sebagai penyempurnaan dalam mengembangkan ekosistem startup di Indonesia.

Marketing.co.id – Berita Digital | PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) sebagai perusahaan BUMN yang konsisten mendorong pertumbuhan industri kreatif digital di Indonesia melalui program inkubasi/akselerasi Indigo, melakukan rebranding Indigo untuk menjawab tantangan perubahan untuk mempercepat perkembangan ekosistem startup dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Dengan mengusung tagline baru setelah rebranding ini yaitu #TransformNation (sebelumnya #DigitalizingIndonesia), Indigo memiliki misi untuk mencari ide-ide digital kreatif karya anak negeri di berbagai daerah yang bisa mengubah bangsa (to transform nation).

Untuk mewujudkan misi itu, Indigo menyediakan inkubasi/akselerasi startup yang lengkap dengan program pengembangan startup end-to-end yang dimulai dengan kegiatan nurturing creativity di tahapan pre-startup, inkubasi/akselerasi startup hingga pada program sinergi bisnis dan investasi lanjutan atau follow-on-funding.

“Proses rebranding Indigo merupakan respons PT Telkom Indonesia untuk menyesuaikan dengan perubahan dalam menjalankan program inkubasi dan akselerasi startup digital di era ‘New Normal’ ini. Kebaruan dari proses rebranding bukan hanya secara internal dalam hal pengelolaan program inkubasinya, melainkan juga meluncurkan inisiatif secara eksternal yang besar harapannya bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital yang nyata bagi Indonesia,” terang Fajrin Rasyid – Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia, Tbk.

Adapun kebaruan yang Indigo kembangkan melalui kegiatan rebranding ini adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan nama Indigo Creative Nation menjadi Indigo.
  2. Perubahan nama Digital Innovation Lounge (DILo) menjadi IndigoSpace.
  3. Perubahan nama Digital Valley (DiVa) menjadi IndigoHub.
  4. Perubahan mekanisme startup batch intake, yang diadakan dua kali dalam setahun, dengan melaksanakan kegiatan bootcamp terlebih dahulu bersama para startup mentor untuk meningkatkan kualitas dan penajaman rencana bisnis startup.
  5. Peluncuran komunitas resmi Indigo bagi para startup enthusiast untuk saling memberikan dukungan dan kolaborasi satu sama lain yang diberi nama Indigo Connect.
  6. Peluncuran media pembelajaran online yang dapat diakses oleh anggota Indigo Connect yang berisi materi-materi best practice di industri startup digital dengan nama Indigo Academy.

Selama satu windu menjalankan program inkubasi, startup Indigo telah berkontribusi dalam mendigitalisasi Indonesia di berbagai sektor seperti Smart CityCommerceFinancialSmall Medium EnterpriseEducationLogisticHealth, dan Enterprise dimana beberapa kontribusi ini terwujud melalui kolaborasi bersama Telkom Group. Kolaborasi lain dalam mendukung tumbuhnya ekosistem startup di Indonesia juga dilakukan melalui kerjasamanya dengan berbagai instansi pemerintah, Perguruan Tinggi, serta komunitas startup.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top