Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Serius Garap Pasar Iklan Video Online, Facebook Akuisisi Startup

LiveRail_FacebookIklan video adalah pasar yang potensial menurut Facebook. Bagaimana tidak, menurut perusahaan riset eMarketer, pasar iklan video digital memang sedang menjamur. Di Amerika, kenaikan pasar ini mencapai 42 persen di tahun ini menjadi US$ 5,96 miliar.

Melihat peluang tersebut Facebook tidak setengah-setengah menggarapnya, terlebih kontribusi pendapatan iklan merupakan yang terbesar dalam total revenue Facebook. Makanya, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memutuskan mengakuisisi startup platform iklan video, LiveRail, dengan harga US$ 500 juta.

Dengan LiveRail raksasa jejaring sosial ini bisa mengoptimalkan iklan video sosial di jaringannya sekaligus menjadi senjata untuk bersaing dengan Google ke depannya dalam bidang iklan video online.

“Kami yakin dengan pembelian LiveRail, Facebook dan konsumen premium akan mendapatkan kesempatan untuk membuat video iklan yang berkualitas dan relevan bagi ratusan juta orang yang menonton video iklan tiap bulan,” ujar VP Ads Product Marketing and Atlas Facebook, Brian Boland, seperti dikutip Wall Street Journal .

LiveRail didirikan pada tahun 2007. Startup ini membantu perusahaan seperti DailyMotion dan ABC mengoptimalkan iklan video mereka pada platform website dan mobile melalui real-time bidding. Dalam sebulan LiveRail bisa membantu 7 miliar iklan video.

Seperti diberitakan TechCrunch, perusahaan berbasis di San Fransisco ini meraup omzet US$ 60 juta tahun lalu. Dikabarkan LiveRail akan IPO pada akhir 2014, namun ternyata mereka memilih bergabung dengan Facebook.

Sebelum diakuisisi, LiveRail berkompetisi dengan perusahaan teknologi iklan lainnya yang menjanjikan publisher cara yang efisien untuk menghasilkan uang dengan iklan video online. Bergabungnya LiveRail dengan Facebook yang memiliki koleksi data yang besar membuat startup ini jauh lebih kuat dari kompetitornya.

“Kami menyadari bahwa dengan bergabung ini kami akan mampu memanfaatkan kekuatan untuk lebih cepat bergerak ke depan menuju visi kami bersama untuk menciptakan platform iklan masa depan,” terang Mark Trefgame, CEO dan salah satu pendiri LiveRail melalui blog LiveRail.

Dalam beberapa bulan ini Facebook  sibuk membangun fondasi dasar untuk menyajikan iklan kepada miliaran basis penggunanya. Akuisisi LiveRail memang tak seheboh saat Facebook mengakuisisi WhatsApp dan Instagram, tetapi diharapkan mampu mendorong jejaring raksasa ini meraup omzet dari area potensial.

(Berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top