Sering Tertukar, Apa Bedanya Sales dan Marketing?

0
pic source: uplone.com; Sales vs Marketing
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

 sales adalah, marketing adalah, perbedaan sales dan marketing, sales vs marketing, strategi bisnis, brand awarenesMeski memiliki tujuan yang saling mendukung, sales dan marketing adalah dua fungsi yang berbeda, baik dari segi peran maupun strategi.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam dunia bisnis, istilah sales dan marketing sering kali tertukar. Banyak orang menganggap keduanya sama-sama tentang penjualan.

Padahal, keduanya memiliki perbedaan mendasar, baik dari segi peran, strategi, maupun tujuan. Memahami perbedaan ini sangat penting agar perusahaan dapat menyusun strategi bisnis yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Apa Itu Sales?

Sales adalah proses menjual produk atau jasa secara langsung kepada pembeli. Fokus utama sales adalah menciptakan konversi, dan mengubah prospek menjadi pelanggan. Biasanya, aktivitas sales melibatkan komunikasi one on one, penawaran, hingga negosiasi agar terjadi transaksi.

Baca Juga: 7 Trik Hadapi Penolakan Pelanggan Ala James Gwee

Ciri khas sales adalah berinteraksi langsung dengan pembeli untuk menciptakan penjualan, melakukan komunikasi dan penawaran produk secara personal, menggunakan media sosial untuk menjangkau calon pelanggan, dan bersifat short term karena tujuan utamanya adalah menutup transaksi.

Apa Itu Marketing?

Berbeda dengan sales, marketing adalah rangkaian strategi untuk membangun kesadaran merek (brand awareness), menciptakan citra positif, dan memengaruhi calon pelanggan. Marketing tidak hanya fokus pada penjualan, tetapi juga pada bagaimana produk atau jasa dipersepsikan sebagai solusi oleh target audiens.

Ciri khas marketing biasanya menggunakan strategi mulai dari branding hingga kampanye promosi, membangun kesadaran dan loyalitas pelanggan, membuat konten di media sosial untuk mendukung strategi komunikasi, dan bersifat long term karena fokus pada membangun hubungan mendalam dengan audiens dan menjaga keberlangsungan merek di mata publik.

Sales vs Marketing: Mana yang Lebih Penting?

Perbedaan ini menunjukkan bahwa sales dan marketing bukanlah hal yang bisa dipertukarkan. Keduanya justru saling melengkapi. Marketing membangun fondasi dan menarik minat, sementara sales memastikan terjadinya transaksi. Tanpa marketing, tim sales akan kesulitan mendapatkan prospek. Sebaliknya, tanpa sales, upaya marketing tidak akan menghasilkan penjualan nyata.

Perbedaan sales dan marketing terletak pada pendekatan, durasi, dan tujuan. Sales fokus pada hasil jangka pendek melalui penjualan langsung, sedangkan marketing membangun hubungan jangka panjang dengan audiens.

Baca Juga: Brand Smartphone Paling Disukai Netizen Indonesia

Bagi perusahaan, memahami batasan peran ini sangat penting. Sebab, strategi bisnis yang efektif bukan hanya bergantung pada seberapa baik tim menjual produk, tetapi juga bagaimana mereka membangun hubungan, menciptakan citra, dan memberikan solusi jangka panjang bagi konsumen. Menyelaraskan keduanya adalah kunci untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.