Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Serba-Serbi Garena, Newbies Wajib Baca!

Marketing – Belakangan ini, bermain game di ponsel menjadi hobi banyak orang guna mencari hiburan dan melepas penat. Salah satu platform game paling populer dan dikunjungi se-Asia Tenggara adalah Garena. Walaupun platform ini sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu, masih banyak sekali gamers tanah air yang belum mengenal Garena. 

Garena merupakan akronim dari Global Arena. Sebagaimana namanya, Garena atau Garena+ merupakan platform gaming yang memang dimaksudkan sebagai sarana berinteraksi antara gamers dari seluruh dunia.

Bahkan situs ini menyediakan fitur interface chatting untuk memudahkan sesama gamers berinteraksi. Salah satu fitur utama yang juga sangat disukai dari platform Garena adalah fitur kustomisasi avatar dan membuat username. Untuk membeli games serta item di dalam game, Garena menyediakan mata uang virtual, yaitu Garena Shells. 

Di situs Garena atau Garena+, Anda dapat menjajal permainan battle royale Free Fire yang sukses mencuri perhatian. Sejak perilisannya di tahun 2017 lalu, Free Fire meraih jumlah pemain sebesar 450 juta.

Garena, atau yang sebelumnya dikenal dengan Garena Interactive Holding Limited adalah perusahaan asal Singapore yang berkutat di bidang eCommerce, digital gaming, e-Sports, dan perekonomian digital. 

Jangkauan produk digital Garena berada di Asia Tenggara, walaupun tak jarang beberapa produk juga menjangkau area Asia Timur seperti China, Jepang, Taiwan dan Korea. Perusahaan yang dipimpin oleh Forrest Li ini sudah merilis berbagai macam produk selain Garena, salah satunya adalah Shopee dan AirPay. 

Hal Seputar Garena User ID yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai newbie, sudah sewajarnya Anda masih belum ngeh  dengan seluk-beluk jagat Garena. Berikut adalah informasi seputar akun ID Garena yang akan sangat membantu Anda.

  1. Perbedaan Username, IUD, dan IGN

Sebagai user baru Garena, Anda akan diminta mengisi kolom username, UID, dan IGN. Semua pemain game tentu mengetahui arti dan kegunaannya. 

Username adalah nama dari akun Anda yang akan digunakan selama bermain. Anda dapat memilih username dengan nama seunik apapun, namun pastikan jangan terlalu rumit. Ingat, username yang Anda pilih bersifat permanen dan tidak dapat diubah. Jadi pikirkan dengan baik. 

Walaupun sekilas mirip dengan username, UID Garena ada dengan tujuan yang berbeda. UID adalah nomor keanggotaan dari masing-masing pemain. Selain berfungsi sebagai pendataan nomor peserta, UID punya fungsi lain yang tak kalah penting.  Jika Anda ingin mengikuti berbagai event dan turnamen, Anda wajib memasukkan UID. 

Sementara IGN adalah singkatan dari In-Game Name, alias nickname yang Anda gunakan di dalam game tersebut. Setelah mengisi seluruh kolom registrasi dengan lengkap dan menekan tombol OK. Dalam hitungan detik, server  akan memproses registrasi dan mengirimkan email verifikasi. 

  1. Cara Verifikasi Akun Garena

Sebelum dapat menikmati akun Garena, terlebih dahulu Anda perlu melakukan langkah verifikasi. Tujuannya untuk memastikan Anda bukanlah akun bot. Verifikasi untuk mengaktifkan akun dapat dilakukan melalui email,  nomor ponsel atau nomor ID, baik KTP, SIM, maupun Kartu Pelajar. 

  1. Bagaimana Cara Meningkatkan Keamanan Akun Garena

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan akun. Cara pertama dengan mengakses bagian “Keamanan” di pengaturan. Untuk semakin meningkatkan perlindungan, Anda dapat memilih seluruh opsi keamanan yang ada. 

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Garena Authenticator. Aplikasi ini dapat diunggah langsung dari PlayStore Android. Fungsi dari aplikasi ini adalah mengirimkan kode otentifikasi secara offline. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mendaftarkan dan melakukan verifikasi nomor telepon terlebih dulu. 

Cara ketiga adalah dengan melakukan penggantian password. Kombinasi antara angka, huruf, dan simbol dapat membuat password menjadi lebih kuat. 

  1. Yang Perlu Dilakukan Saat Anda Tak Dapat Membuat Akun Garena Baru

Masalah yang sering kali dihadapi users baru adalah pesan eror berbunyi “We Are Not Able to Process Your Request. Please Check Your Input and Make Sure System Time is Correct”. Salah satu cara menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengganti browser. Apabila setelah mengganti browser ternyata masalah masih muncul, Anda dapat melakukan penggantian jam dan tanggal pada komputer sebelum mencoba lagi. 

  1. Yang Perlu Dilakukan Saat Tak Bisa Login ke Akun Garena

Ada kalanya tak bisa login terjadi.  Jangan panik! Jika sudah melakukan verifikasi, Anda hanya perlu mengirim permintaan reset password yang akan langsung dikirim ke alamat email

 Apabila  belum melakukan verifikasi akun email, maka Anda dapat mengirimkan email ke seksi Support dengan menyertakan nama Username, UID, IGN, email dan nomor HP yang sudah terverifikasi.

 Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki bukti kepemilikan akun ID. Contohnya seperti bukti top up voucher Garena terakhir. Kru support Garena akan membantu me-reset password hanya jika bukti yang diajukan valid dan cukup kuat untuk membuktikan kepemilikan akun tersebut. 

Games Garena Terbaik yang Wajib Anda Coba

Garena adalah wadah untuk bermain berbagai macam games seru, baik melalui PC maupun smartphone. Berikut kompilasi games Garena yang wajib dicoba.

  1. Free Fire

“Free Fire” adalah game mobile bergenre Survival Shooter. Dari segi plot cerita, game ini benar-benar mengingatkan Anda akan serial Netflix berjudul “Hunger Games”. 

Dalam game ini, tokoh yang Anda mainkan diterjunkan dari pesawat ke sebuah pulau terpencil dengan beberapa orang lainnya. Hanya ada satu orang saja yang dapat keluar dari pulau tersebut hidup-hidup. Game Free Fire tersedia gratis di iOS dan Android.

  1. Arena of Valor

Bayangkan bagaimana serunya saat berbagai superhero dari universe yang berbeda berkumpul untuk melindungi bumi dari kejahatan. Anda dapat memilih karakter superhero ikonik dari dataran Asia maupun Barat dan berperang melawan berbagai ancaman yang mengganggu. Permainan ini merupakan versi remake dari Mobile Arena sebelum berganti nama menjadi “Arena of Valor” (AoV).

  1. FIFA Online 3

Game besutan EA Sports ini dapat Anda download dengan mudah menggunakan Garena Shells ke dalam PC Anda. Di dalam game ini, Anda berperan sebagai seorang manajer yang mendirikan serta me-manage klub sepakbola. Tugas Anda adalah menjadikan tim tersebut menjadi tim sepakbola terkuat dan memenangkan pertandingan di kancah FIFA Games. 

  1. Point Blank

Point Blank merupakan game genre FPS atau First-Person Shooting yang paling populer hingga saat ini. Game yang dikembangkan oleh perusahaan Zepetto dari Korea Selatan ini sebelumnya dimiliki Gemscool sebelum dialihkan menjadi milik Garena. 

Dalam permainan ini, Anda berperan sebagai tentara yang harus bekerja sama dengan tim lainnya untuk mengalahkan tim lawan. Di dalam game ini, tidak hanya kemampuan menembak saja yang diperlukan untuk memenangkan permainan. Kemampuan Anda dalam menyusun strategi pun sangatlah penting. 

Bermain games di Garena jadi semakin mantap jika Anda memiliki stok  Garena shells yang melimpah!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top