Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Sequel Film Pendek BMW, Butuh atau Tidak?

bmw

BMW dikabarkan akan kembali melanjutkan seri film pendek BMWFilms, The Hire. Film ini adalah bentuk iklan yang dikeluarkan oleh BMW melalui Internet pada 2001-2002.

Berkisah tentang Clive Owen yang berperan menjadi seorang pengemudi misterius yang dipekerjakan oleh orang yang berbeda di setiap episodenya. Hingga saat ini, tercatat telah delapan film yang ditayangkan.

Saat itu, Film ini mengundang beberapa aktor dan produser ternama. Sebut saja Frankenheimer, Ang Lee, Guy Ritchie, dan lainnya. Beberapa artis seperti Forest Whitaker, Madonna, F. Murray Abraham, dan James Brown juga turut meramaikan film pendek ini.

Clive Owen, sebagai pengemudi, mengendarai mobil BMW seperti BMW 740i, BMW 330i Coupé and the Z3 roadster, BMW X5 3.0i  BMW Z4 3.0i dan seri berbeda lainnya pada setiap episode.

Masa Kejayaan

Penayangan perdana jatuh pada 26 April 2001 dengan Frankenheimer menyutradarai Ambush. Diikut Chosen garapan Ang Lee, The Follow, Star dan Powder Keg oleh sutradara lainnya untuk season pertama. Dilanjutnya pada Oktober 2002 season 2 mulai dikeluarkan, mengundang James Brown pada episode Beat the Devil.

BMW menyediakan website tersendiri untuk menayangkan film tersebut. Selama penayangannya, film-film ini ditonton sebanyak 11 juta kali dalam empat bulan. Dua juta pengguna baru langsung mendaftarkan diri mereka di situs tersebut dan link-nya dibagikan oleh banyak orang.

Salah satu film pendeknya, The Follow yang disutradarai oleh Wong Kar-wai sempat diputar di Cannes Film Festival dan mendapat banyak pujian.

Penjualan BMW pun ikut kena imbasnya seperti yang diharapkan. BMW melihat terjadi kenaikan penjualan hingga 12 persen dari tahun sebelumnya.

Format DVD juga dikeluarkan dan diberikan kepada para pelanggan di dealership tertentu. Majalah Vanity Fair yang membagikan DVD tersebut pada edisi Septembernya juga terjual sangat laku dan menjadi barang langka.

Powder-Keg-Dvd

The New York Times dan Time Magazine mengulas film-film ini dan memberikan pujian kepada BMW karena telah membuat ide iklan brilian. Jika dilihat lagi, sekitar tahun itu, BMW menjadi pelopor dalam beriklan melalui media internet. Bisa dibilang, BMW telah medahului zamannya melalui film pendek tersebut.

Penyebaran DVD dihentikan pada 21 Oktober 2005 oleh BMW. Menurut laporan, pendanaan project ini terlalu mahal untuk dilanjutkan. Film online pun dihapus dari BMWFilms.

Vice President dari divisi marketing, James McDawel yang memiliki andil dalam pembuatan film ini juga keluar dan menjadi Vice President di divisi Sales and Marketing untuk BMW Mini USA. Perpisahan dengan Fallon Worldwide yang turut campur tangan dalam film ini juga terjadi pada saat itu.

Membuat sequel

Namun, pada Automotive News World Congress di Detroid, Vice President of Marketing dari BMW yang baru, Trudy Hardy mengiyakan rencana untuk membawa kembali film yang sukses di masanya ini. Tetapi dia tidak ingin berkomentar lebih jauh. Begitu juga dengan agensi periklanan BMW, KBS+ dan Steve Golin, bagian dari Anonymous Content yang memproduksi film ini dulu.

Dengan munculnya berita akan dibuat lanjutan dari film ini, pro dan kontra terjadi. David Kiley, penulis buku Driven: Inside BMW, The Most Admired Car Company in The World dan editor-in-chief dari New Roads Media sangat mendukung aksi itu.

“Sekarang sangat susah untuk menonjolkan dan memisahkan diri kita melalui iklan TV. Sangat sulit untuk menampilkan cerita yang menarik dalam 30 detik saja,” Ujarnya.

Tetapi seorang konsultan marketing yang juga penulis skenario Hollywood, Ernest Lupinacci melihat potensi yang kurang baik. Selain BMW harus melawan produknya sendiri, film ini hanya dijadikan tempat para sutradara dan artis ternama mengharapkan bayaran besar dari BMW untuk pada iklannya.

“Mereka mempunyai sutradara kelas A, membayarnya dengan biaya besar untuk mengarahkan iklan dengan konsep kelas C,” katanya.

Dia juga menambahkan, “Hal ini lebih baik dari iklan biasanya, sejenis itu. Tapi kalau kita menontonnya kembali, kita akan mengatakan, ‘apa yang terjadi di sini?’ It’s just running footage.

The Hire Follow

Memang, setelah menguasai pasar mobil mewah di Amerika Serikat, BMW dikalahkan oleh pesaingnya, Mercedes-Benz pada 2013 menurut Automotive News Data Center. Dilansir dari Adage, Mercedes menjual 312.528 kendaraan tahun lalu, sedangkan BMW hanya 309.280 kendaraan.

Mercedes juga memimpin penjualan mobil mewah pada Januari ini dengan total penjualan 22.604 mobil dibandingkan BMW pada 18.253.

Aksi Clive Owen di The Hire memang tidak ada duanya, atau siapapun yang kelak akan menggantikannya jika film ini jadi dilanjutkan. Tapi apakah langkah ini tepat di saat BMW tidak lagi menguasai pasar untuk kembali memproduksi seri film pendek yang tentunya memakan biaya tidak sedikit ini. Bagaimana menurut Anda?

Sumber: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top