Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Seperti Ini Tren Pencarian Asuransi di Search Engine

Marketing.co.id – Berita Finansial | Pandemi Covid-19 sudah berlangsung dua tahun dan masih jauh dari kata usai. Kondisi tersebut memberikan kontribusi pada perubahan perilaku masyarakat Indonesia dalam berselancar.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Lifepal.co.id, kunjungan ke situs-situs broker asuransi di kuartal I dan II 2021 menunjukkan perubahan, ada yang naik, stabil maupun turun. Lifepal melakukan riset data trafik terhadap sejumlah situs broker asuransi dan tren pencarian asuransi periode yang sama, yaitu pada kuartal I dan II 2021.

tren pencarian asuransiUntuk menganalisis data trafik situs broker asuransi online, Lifepal menggunakan data traffic dari empat broker asuransi di Indonesia sebagai sampel, yaitu Lifepal.co.id, Futuready.com, Qoala.com, dan Pasarpolis.com. Tepat pada Februari 2021, total trafik dari empat situs broker asuransi online mencapai 3,2 juta. Dan, terjadi kenaikan trafik signifikan sebesar 88% di bulan Juli 2021, yaitu dari 3,2 juta melesat ke 6,02 juta.

Seperti diketahui, di Juni 2021, terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan, yaitu sebesar 53% dari Februari 2021. Kondisi itu turut memberikan andil untuk mendorong kenaikan trafik di bulan Juli 2021.

Selain data trafik situs broker asuransi online, Lifepal memperoleh data menarik mengenai tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan unit link di Google pada bulan Februari hingga Juli 2021.

tren pencarian asuransi*Biru: asuransi kesehatan, merah: asuransi jiwa, kuning: asuransi mobil, hijau: unit link

Dari tren pencarian tersebut, asuransi kesehatan menjadi kata kunci yang paling stabil. Tak hanya itu saja, dari tren pencarian terungkap, bahwa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terlihat saling menyalip satu sama lain.

Meski kata kunci asuransi kesehatan mengalami kenaikan jumlah pencarian yang cukup tinggi pada bulan Mei dan Juli di mana terdapat grafik yang spike (runcing) cukup tinggi, terjadi penurunan di pekan ketiga bulan Mei dan pekan pertama bulan Juli.

Untuk kata kunci asuransi jiwa, tren pencariannya mengalami kenaikan di Mei awal hingga akhir bulan. Kondisi tersebut juga terjadi pada bulan Juli seperti pada akhir Maret 2021.

Tren pencarian kata kunci “asuransi mobil” juga mengalami kenaikan di awal April dan akhir Mei 2021. Angka kenaikan pencarian kata kunci itu sudah stabil di pertengahan April hingga awal Mei.

Tren pencarian “asuransi mobil” bisa dikatakan unik, karena terlihat meningkat drastis di awal April dan akhir Mei 2021. Lonjakan pencarian tersebut terjadi di pekan ke-3 bulan Mei, sementara di pertengahan April hingga awal Mei angka kenaikan pencarian kata kunci itu sudah stabil.

Sama seperti di tahun sebelumnya, Unit Link tetap menjadi asuransi dengan jumlah pencarian terkecil, namun grafik tren pencarian unit link justru terlihat mengalami kenaikan sejak April hingga Juni 2021.

Dari 29 provinsi, tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan tertinggi adalah Sulawesi Tenggara, dan terendah yaitu Sumatera Selatan. Untuk tren pencarian kata kunci asuransi jiwa tertinggi adalah Kalimantan Selatan, terendah yaitu Maluku. Tren pencarian kata kunci asuransi mobil tertinggi yaitu Kalimantan Tengah, dan terendah di Maluku. Sedangkan untuk tren pencarian kata kunci unit link tertinggi adalah Sumatera Utara, dan terendah yaitu Maluku.

Sekadar diketahui, data ini hanya menunjukkan tingginya pencarian dengan menggunakan kata kunci, bukan berarti menjamin tingginya permintaan atau pembelian asuransi tersebut. Meski tren pencarian Unit Link naik, volume pencariannya masih jauh di bawah pencarian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Sebab, banyak sekali kanal distribusi produk asuransi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membeli asuransi, sebut saja melalui agen-agen asuransi yang aktif menawarkan produknya kepada calon nasabah, perbankan, dan lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top