Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Seni Pemberdayaan (Empowerment) (1)

www.marketing.co.id – Untuk mendapatkan hasil lebih banyak dari tim, Anda bisa menggunakan pemberdayaan sebagai salah satu kunci keberhasilan. Hal ini dapat membuat perbedaan besar dalam bisnis Anda. Terlebih lagi, pemberdayaan akan membuat hidup Anda lebih mudah karena tidak perlu memeriksa kembali beberapa pekerjaan setiap lima menit.

Pemberdayaan adalah kondisi yang saling menguntungkan untuk kedua pihak, baik yang memberdayakan maupun yang diberdayakan. Pemberdayaan berasal dari budaya, yang bisa diartikan sebagai tata cara berperilaku di dalam sebuah organisasi.

Sembilan Hal Terpenting dalam Pemberdayaan

1.  Melepaskan

Kita harus menyadari bahwa bagian dari pemberdayaan tim yakni berbicara tentang “mereka” bukan lagi “saya”. Karena itu, anggota tim harus terlebih dulu diberikan pembekalan keterampilan dan pengetahuan sehingga sebagai pemimpin kita hendaknya melepaskan dan memberikan kepercayaan penuh kepada mereka untuk melakukan pekerjaan yang merupakan keahliannya.

2. Mengenali Potensi

Sebagian besar dari seni pemberdayaan adalah kemampuan untuk melihat potensi tersembunyi setiap anggota tim dan kemudian mengembangkannya untuk kepentingan bisnis sesuai dengan lingkup pekerjaan mereka.

3. Berkomunikasi dengan Baik

Pemimpin yang mampu memberdayakan adalah pemimpin yang mampu menciptakan kedekatan dengan para pengikutnya dengan menciptakan komunikasi yang baik. Hal ini akan membangun kepercayaan sehingga ketika mereka memberikan dukungan pada sesama individu, kepercayaan tim akan tumbuh.

4. Memberi Tantangan

Setiap anggota tim akan mencoba meraih tantangan yang diberikan oleh Anda sebagai pemimpin. Hal ini akan meningkatkan antusias dan motivasi. Dampaknya, mereka akan melihat potensi dalam diri mereka sendiri yang selama ini mungkin belum diberdayakan secara optimal. Dampak lainnya, mereka menciptakan hubungan yang saling mendukung di antara sesama anggota tim.

5. Berbesar Hati untuk Menerima Kegagalan

Seorang pemimpin juga harus menyiapkan beberapa langkah antisipatif. Tidak semua anggota tim pernah melakukan penugasan dengan baik, penugasan kali ini bisa jadi merupakan yang pertama baginya. Sehingga dalam beberapa kasus, ini adalah hal yang cukup menakutkan bagi sebagian orang.

Hambatan mental ini seringkali…. Bersambung……

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top