Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Semangat Kartini dalam Gaya Kepemimpinan Wanita Milenium

the girlwebJudul                  : The Girl’s Guide to Being a Boss (Without Being a Bitch)
Penulis              : Caitlin Friedman & Kimberly Yorio
Penerbit           : Publishing One (www.publishingone.co.id)
Format             : Soft cover
ISBN                  : 978-602-95079-7-3
Cetakan            : I, 2010
Halaman         : 266 hal + xii
Harga              : Rp 50.000

Perjuangan kaum wanita untuk mendapatkan peran yang sama secara politik, ekonomi, sosial, dan kebudayaan tidak terjadi secara mudah. Dari mulai zaman R.A. Kartini (1879–1904) hingga saat ini yang dikenal sebagai zaman milenium, upaya kaum wanita untuk memperjuangkan kesetaraan terus berlangsung.

Terutama dalam hal kesempatan memimpin. Hasil riset menunjukkan bahwa di dalam konteks yang sama, teknik sukses memimpin yang digunakan pria tidak memberikan dampak yang sama ketika dipraktikkan oleh wanita. Jika seorang wanita bertindak seperti pria, biasanya ia dicap negatif sebagai wanita yang dingin, kasar, arogan, dan lain-lain.

Ditambah lagi, kaum wanita tidak banyak memiliki role model wanita pemimpin yang bisa dijadikan acuan untuk menimba ilmu, saran, dan pendampingan.

Oleh karena alasan itulah, dua wanita yang sebelumnya telah menerbitkan buku bestseller The Girl’s Guide to Starting Your Own Business, Caitlin Friedman and Kimberly Yorio, kembali mempersembahkan buku yang luar biasa: The Girl’s Guide to Be a Boss (Without Being a Bitch). Buku ini sangat kaya dengan gagasan baru. Namun, tidak sedikit pun berkesan menggurui. Pembaca diajak belajar bagaimana menjadi ratu lebah dengan cara yang positif, sehingga bisa lebih mengambil peran sebagai seorang mentor daripada sekadar manajer: wanita yang memimpin, menginspirasi, dan memotivasi.

Caitlin Friedman adalah seorang praktisi PR dan marketer profesional, dengan pengalaman lebih dari 12 tahun di bidang konsumer, food and beverage, penerbitan, dan produksi TV. Di tahun 2001, ia bekerja sama dengan Kimberly Yorio membentuk YC Media, sebuah layanan PR dan firma marketing yang berkantor di pusat kota Manhattan.

Setidaknya, ada lima alasan mengapa Anda harus membeli dan membaca buku ini:

  1. Anda baru saja mendapatkan promosi. Huh, tak seorang pun yang pernah mengajari Anda menjadi seorang manajer. Role model yang ada kurang bisa dijadikan teladan yang baik, dan Anda tentu ingin lebih baik dari mereka. Buku ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menjadi kuat, tetapi tetap bersikap fair. Persenjatai diri Anda dengan buku ini, dan Anda akan belajar bagaimana mendapatkan yang terbaik dari karyawan Anda.
  2. Kebanyakan buku manajemen membuat kita mengantuk. Tak perlu jargon dan titel MBA. The Girl’s Guide to Being a Boss (Without Being a Bitch) adalah buku yang mudah dibaca dan menawarkan informasi tanpa mengintimidasi dan mengandung semua nasihat yang Anda butuhkan untuk belajar memimpin, menginspirasi, dan memotivasi. Buku ini diperkaya dengan kuis, tips, checklist, dan hal lain seperti “Celluloid Bitches,” dan “The Girl’s Guide to Gossip” di dalamnya.
  3. Manajer Anda sudah gila. Anda tidak sendirian. Di bagian kotak “Penyihir yang Baik atau Wanita yang Bitchy” disajikan kisah-kisah heroik maupun kisah-kisah yang tak pantas dicontoh dari para wanita di seluruh dunia yang telah melihat, mengalami, dan belajar darinya.
  4. Anda belum menjadi seorang manajer. Tidak seperti kebanyakan buku manajemen, buku ini diperuntukkan baik untuk pemimpin maupun juga yang dipimpin. Buku ini menawarkan tips dan saran untuk mengatasi isu-isu seperti mikromanajemen, praktik mengklaim ide anak buah, bagaimana mengelola diri agar mendapat promosi, politik kantor, dan mengambil tanggung jawab terhadap kesalahan.
  5. Manajemen yang baik adalah pencarian seumur hidup. Kita telah dibodohi dengan keyakinan palsu bahwa kita merasa telah mengetahui segalanya. Oleh karena itu, buku ini menyajikan wawancara dengan para coaches, direktur HRD, penulis lain, peyelia, orang yang diselia, mediator, dan pekerja sosial agar pembaca bisa belajar dari kisah mereka menghadapi tantangan dan peluang menjadi “chick-in-charge.”

Menjadi bos tidak pernah mudah. Namun, bagi perempuan menjadi bos bisa jadi dua kali lebih berat. Jika Anda tidak merasa gentar, Anda pasti bisa melakukannya. Yang Anda butuhkan hanyalah sedikit saran yang membantu Anda berjalan pada jalur yang benar.

Caitlin Friedman dan Kim Yorio menunjukkan kepada Anda bagaimana melangkah dengan anggun ke tahta kekuasaan baru. Mereka akan mengajarkan kepada Anda bagaimana memotivasi tim Anda tanpa harus mengalienasi mereka, bagaimana mendelegasikan tanpa perasaan bersalah, bagaimana berhubungan dengan politik kantor, dan bagaimana memberikan evaluasi, promosi, dan bahkan memecat. Dan bagi Anda yang telah mendapatkan peran pemimpin, mereka akan membantu Anda untuk menjadi seorang mentor yang sangat dibutuhkan karyawan Anda.

The Girl’s Guide to Being a Boss (Without Being a Bitch) mengajarkan kepada kaum hawa rahasia sukses menjadi sang pemimpin (sang Kartini Milenium) dan bagaimana mencintai peran dan tanggung jawabnya itu.

Selamat memaknai kembali hari Kartini. (Antonius Hermawan Susilo/Majalah MARKETING)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top