Selama Ramadhan Lalu, Apical Hadirkan Minyakita Kemasan Baru & Edukasi HET

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Apical Group, produsen minyak goreng sehat dan berkelanjutan terkemuka, telah mengadakan kegiatan edukasi yang menarik selama bulan Ramadhan. Mereka telah menggelar bazar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat memperoleh Minyakita dengan kemasan baru yang diproduksi oleh Apical melalui PT Asianagro Agungjaya (PT AAJ). Selain itu, Apical juga memberikan informasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000,00 kepada masyarakat melalui kegiatan edukasi yang mereka adakan.

apicak minyakita
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan selama Ramadhan juga telah meninjau pelaksanan Bazaar Ramadhan

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah meluncurkan program Minyak Goreng Kemasan Rakyat (MGKR) dengan merek Minyakita yang melibatkan Apical dan pelaku usaha lainnya. Kebijakan tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 41 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat MGKR yang berlaku sejak 8 Juli 2022.

Kegiatan bazar dan edukasi HET yang diadakan oleh Apical ini dilakukan sebagai respons atas melonjaknya harga Minyakita di sejumlah daerah, terutama selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh Minyakita dengan harga yang sesuai dengan HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Manumpak Manurung, Head of Industry & Government Relations Apical Group, mengatakan, ”Melalui kegiatan ini, khususnya selama bulan Ramadhan, Apical berupaya mendukung Pemerintah dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat. Di sini kami juga ingin kembali menginformasikan bahwa masyarakat yang menemukan Minyakita yang diproduksi oleh Apical yang harganya di atas HET dapat melapor melalui Apical melalui minyakita@apicalgroup.com, dengan menyertakan lokasi penjualan Minyakita yang tidak sesuai HET sehingga dapat kami laporkan dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak regulator.”

Dalam penyelenggaran bazaar selama bulan ramdahan dan edukasi HET ini Apical berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan Pemerintah.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan selama Ramadhan juga telah meninjau pelaksanan Bazaar Ramadhan yang ditujukan untuk masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok (bapok) selama puasa dan menjelang Lebaran.

“Alhamdulillah, melalui bazaar ramadhan yang digelar selama bulan ramadhan, ibu-ibu bisa memperoleh kebutuhan bapok untuk lebaran seperti tepung, gula, beras, minyak goreng dengan harga sesuai yang ditetapkan Pemerintah. Kalau mau Lebaran biasanya harganya naik, dengan bazaar ramadhan yang dilakukan,  mudah mudahan kenaikan bisa ditahan tidak terlalu tinggi,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam kunjungannya  di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru dan Kalibata City, Jakarta Selatan, selasa (4/4).

Selain itu, kegiatan edukasi mengenai HET dan bazaar minyak goreng dengan harga terjangkau juga telah dilangsungkan oleh Apical di sejumlah pasar tradisional di Jakarta sejak bulan Februari 2023, serta Apical turut berpartisipasi dalam kegiatan bazaar yang digelar di sejumlah instansi Pemerintahan di Jakarta, seperti di Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Tidak hanya itu, kegiatan serupa juga telah dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojosari, Jember, Madiun, Magetan, dan Malang.

Ardiahty Bachtiar, Head of Commercial B2C Apical, mengatakan bahwa hadirnya Minyakita kemasan baru ini bertujuan agar masyarakat dapat langsung mengenali produk Minyakita yang diproduksi oleh Apical. “Kemasan baru Minyakita sangat berbeda dari yang lama. Minyakita kemasan baru ini lebih memperlihatkan identitas Apical yakni warna kemasan yang sama dengan warna logo perusahaan kami. Kami berharap dengan kemasan baru ini juga dapat lebih dikenal masyarakat karena menawarkan nilai yang berbeda sehingga dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam memilih produk Minyakita yang kami produksi,” ungkap Ardiahty atau yang akrab disapa Diah.

Selain itu, Diah juga menambahkan bahwa Minyakita kemasan baru ini juga dalam rangka menyeragamkan keseluruhan kemasan Minyakita, baik yang diproduksi oleh Apical maupun repacker. Kemasan baru tersebut akan hadir dalam setiap kemasan produk Minyakita baik kemasan botol 1 liter, botol 2 liter, kemasan bantal (pillow), semua jenis kemasan isi ulang atau pouch, maupun kemasan jerigen

Tidak hanya itu, kegiatan serupa juga sudah dilakukan Apical sepanjang bulan Ramadan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri di sejumlah wilayah dimana Apical beroperasi di seluruh Indonesia, seperti di Riau yang mencakup Dumai dan Pekanbaru, Jakarta, Padang, dan Balikpapan sebagai wujud komitmen bersama dalam ketersediaan minyak goreng HET yang telah terwujud selama bulan Ramadahan berkat program Minyakita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here