Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Search Engine Optimization: Cara Meningkatkan Peringkat Di Search Result

Muncul dalam peringkat teratas dalam hasil pencarian di search engine, akan membawa traffic yang besar menuju website Anda. Namun untuk melakukannya, diperlukan trik khusus. Bagaimana triknya?

Berhasil muncul di urutan teratas search results pada situs mesin pencari adalah impian setiap website. Pasalnya, hal tersebut bisa berpegaruh besar terhadap bisnis di dunia maya.  Tengok saja sejumlah data yang dikeluarkan beberapa lembaga riset seperti comScore, iProspect, dan SEOResearcher. Hasil survei tersebut menyebutkan sejumlah keuntungan muncul di bagian puncak hasil pencarian di search engine.

Antara lain, 42 persen pengguna mesin pencari hanya melakukan klik pada link yang muncul di bagian teratas hasil pencarian, 8 persen mengklik link di urutan kedua, dan semakin buncit urutan sebuah link, maka semakin rendah pula persentase orang yang melakukan clicking. Data lainnya menunjukkan 62 persen pengguna search engine melakukan klik pada link yang muncul di halaman pertama. Ada juga yang menyebutkan bahwa 41 persen orang yang tidak menemukan hal yang dicari pada halaman pertama, langsung mengubah kata kunci pencarian atau bahkan mengganti situs mensin pencari yang digunakan.

Data-data di atas menunjukkan betapa pentingnya sebuah website berada di urutan teratas dalam search results mesin pencari. Sayangnya, tidak mudah bagi sebuah situs web menduduki urutan puncak tersebut. Hingga pada akhirnya muncullah sebuah terminologi baru, yaitu Search Engine Optimization (SEO). Menurut Danny Sullivan, editor searchengineland.com, kendati aktivitas mengoptimisasi website untuk search engine ini sudah dilakukan sejak dulu, namun istilah SEO sendiri baru marak digunakan pada tahun 2001. Sebelumnya, ada yang menyebut sebagai Search Engine Positioning. SEO sendiri sejatinya merupakan sebuah proses memanfaatkan mesin pencari untuk meningkatkan traffic ke website melalui hasil pencarian yang “natural”, atau organic search. Logikanya, semakin puncak sebuah website muncul dalam hasil pencarian di search engine, semakin besar jumlah kunjungan yang diperoleh dari situs mesin pencari tersebut.

Berbeda dengan paid search, SEO bekerja sesuai dengan sistem standar operasional search engine. Maka, agar memperoleh hasil yang efektif, strategi yang dilakukan dalam menerapkan SEO juga harus mengikuti sistem pada pencarian search engine. Tidak hanya kata kunci dan pengaturan meta tags yang berperan, kemunculan sebuah situs pada posisi teratas juga kuat berhubungan dengan konten dan relevansi sebuah website.

Cara kerja setiap situs mesin pencari dalam menemukan situs web agar sesuai dengan permintaan user memang berbeda-beda. Namun biasanya search engine menggunakan sistem semacam PageRank. PageRank adalah metode algoritma kompleks yang berfungsi menghitung jumlah link yang mengarah pada sebuah halaman web. Semakin banyak sebuah halaman di-link oleh website lain, maka semakin tinggi nilainya di PageRank. Tak berhenti sampai di situ, website yang memasang link menuju halaman tadi juga dinilai peringkatnya oleh sistem ini.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus di PageRank, biasanya website yang menjalankan SEO melengkapi situsnya dengan sejumlah konten berita atau informasi. Dengan harapan, website lain mengambil informasi tersebut dan menempatkan link menuju situs web si pelaku SEO. Tak jarang juga, sebuah website menyediakan channel untuk blog dengan tema yang relevan. Karena sering kali, blog dijadikan pranala sumber bagi website yang lain.  Blog juga menjadi tools SEO yang paling powerfull dan merupakan inisiator Spider, salah satu komponen dalam search engine yang berfungsi untuk mengakses situs-situs web secara periodik, membaca isinya, dan kemudian mengikuti pranala-pranala yang ada pada situs tersebut. Tak sekedar blog, konten web yang menarik dan berhasil menciptakan engagement dengan user juga akan berdampak pada nilai yang tinggi di PageRank.

Hal yang paling penting dan wajib dilakukan dalam SEO adalah mengisi meta tags yang tepat untuk setiap konten. Tidak hanya menempatkannya dalam setiap artikel berupa teks, meta tags juga harus dipasang pada bagian gambar dan video. Di sini, keyword yang umum digunakan oleh user sebagai query dalam pencarian bisa dimasukkan, asal tetap relevan dengan konten. Beberapa perubahan dalam source code HTML sebuah website juga wajib diterapkan.

Agar bisa terindex dengan baik dalam sistem search engine, biasanya sejumlah situs mesin pencari menyediakan program dan panduan untuk para webmaster. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tools, serta mengenalkan sitemap berbasis XML standar mereka. Sedangkan Yahoo! menyediakan peranti Site Explorer yang merupakan tempat bagi webmaster untuk mendaftarkan website dan mengecek jumlah halaman web yang telah terindex di Yahoo!. Bing pun demikian. Search engine keluaran Microsoft ini menyajikan Webmaster Center agar para webmaster lebih mudah dalam mengindex situsnya, memasukkan sitemap, sekaligus melihat statistik websitenya.

Berdasarkan langkah-langkah tadi, SEO adalah sebuah program yang memiliki keterikatan dari banyak sisi. Bukan sebatas pemilihan kata kunci, penggunaan meta tags, dan mengubah sitemap saja, melainkan perbaikan isi dan tampilan sebuah website juga harus dilakukan jika menginginkan hasil yang maksimal. Biasanya, waktu yang tepat untuk melakukan SEO adalah ketika Anda hendak mempertimbangkan untuk me-redesain, merombak total, atau pada saat berencana membuat website.

Dari sisi kode-kode yang berada di belakang website, SEO bisa dilakukan sendiri jika Anda memiliki seorang webmaster. Namun lantaran berhubungan juga dengan konten dan desain dalam sebuah situs web, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk menggandeng perusahaan yang menyediakan jasa SEO. Karena biasanya, pengalaman dan spesialisasi yang mereka miliki mampu menghasilkan ROI (Return of Investment) yang lebih tinggi. Selain itu, agensi SEO yang baik juga membantu dalam menentukan isi website, desain, serta pilihan keyword yang sesuai dengan sistem kerja mesin pencari.

Namun, jangan terkecoh dengan agensi SEO yang memberi iming-iming dapat menaikkan peringkat dengan cara instan dan menggunakan manipulasi kode. Karena situs Anda justru bisa di-banned dari hasil pencarian. BMW dan Ricoh Jerman adalah contoh kasus terkenal, ketika pada bulan Februari 2006, Google menghapus website dua perusahaan ini dari search results akibat tertangkap menggunakan metode SEO yang manipulatif. Meskipun telah meminta maaf dan kembali muncul dalam hasil pencarian, kejadian tadi tetap meninggalkan bekas hitam dalam sejarah SEO.

SEO memang bisa dilakukan sendiri. Namun, agar memperoleh hasil terbaik, harus ada budget investasi yang dikeluarkan. Terlebih, jika tetap konsisten, Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat. Data-data yang dirangkum dari sejumlah perusahaan survei menyimpulkan, bahwa 40 persen dari kampanye SEO yang aware dengan ROI, memperoleh keuntungan 500 persen dari program SEO-nya. Tertarik mencoba SEO? (Fanny Israr)

22 Comments

22 Comments

  1. sulap

    18 June, 2010 at 09:02

    Infonya sangat menarik pak..jadi tambah tahu tentang search engine. terima kasih.

  2. ismail

    26 April, 2011 at 15:06

    Saya jadi tambah yakin ne dengan istilah “Banyak konten banyak traffic”. Saat ini saya juga sedang melakukan optimalisasi SEO dengan memaksimalkan konten.

    Makasih informasinya.

  3. AHMAD

    27 June, 2011 at 11:06

    MAKASIH PAK INFORMASINYA SANGAT BERGUNA SEKALI INFONYA PAK

  4. RIRI

    27 June, 2011 at 11:07

    menarik sekali infonya pak……makasih atas tips2ny

  5. RIRI

    27 June, 2011 at 11:09

    informasinya menarik sekali jadi tau tentang serch engine

  6. rucky

    7 August, 2011 at 12:44

    terima kasih infonya.. sangat berguna bagi web kami http://www.acaraACARA.com | acara-acara.com ” It’s All About Event Updates..”

  7. Fotografer Wedding

    6 September, 2012 at 15:10

    Wow, nice tips! Sangat bermanfaat bagi kami selaku fotografer wedding yg berbasis online dgn web http://poetrafoto.com! Terimakasiiih… 🙂

  8. www.iklanzoom.com

    21 September, 2012 at 16:28

    Semoga tipsnya bermanfaat
    Dari http://www.iklanzoom.com

  9. deny Prasetya

    15 February, 2015 at 21:46

    artikel yang sangat bermutu dan bermanfaat sebagai tambahan ilmu saya .. terima kasih

  10. utami

    15 February, 2015 at 21:47

    supeerrrrrr .. terima kasih info nya …. semoga bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan semua.

  11. AGUS HONDA

    23 August, 2015 at 14:20

    ilmu baru, pelajari & terapkan. Joss, makasih share nya om,

  12. Liana

    14 November, 2015 at 01:41

    dengan seo yg tepat, sebuah website bisa menghemat biaya iklan untuk marketing.

  13. Errika Maydi

    20 February, 2016 at 03:39

    Oh jadi cukup menjanjikan juga SEO ya? Sekarang emang serba digital marketing. Thanks infonya!

  14. Imagi

    3 March, 2016 at 08:59

    sekarang mesin pencari algoritmanya makin rumit jadi makin susah deh buat tampil di halaman pertama, untung ada totorial / tips2 bermutu kaya gini nih jadi bisa buat referensi

  15. Donie

    6 April, 2016 at 00:44

    Good job

  16. Donie

    6 April, 2016 at 00:47

    Mobilio keren

  17. Mobil Honda Jogja

    2 May, 2016 at 05:09

    Bagus sekali infonya

  18. Honda Tugu

    8 July, 2016 at 01:38

    Saya buat website tapi apapun postnya yang selalu muncul dengan keyword post selalu homepage, apakah itu pengaruh backlink home yang terlalu banyak?

  19. honda sidaorjo

    4 August, 2016 at 02:19

    artikel yang sangat bermutu dan bermanfaat sebagai tambahan ilmu saya .. terima kasih

  20. honda sidaorjo

    4 August, 2016 at 02:22

    tips2 bermutu kaya gini nih jadi bisa buat referensi

  21. Ocon Honda Mobil

    31 October, 2016 at 17:55

    Ahaiii aseek sangat menarik kalau sudah berhubungan dengan search engine optimization, era digital saat ini seo sangat penting dech. Informatif ini informasi hehe…..

  22. Reynita Melia

    13 March, 2017 at 14:24

    info search engine optimization bagus dan informatif banget 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top