Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Satu Polis untuk Satu Keluarga dan Premi Kembali 100%

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Masih rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, antara lain masih kurangnya literasi asuransi dan ketidakmampuan sebagian besar masyarakat Indonesia dalam membayar iuran premi. Namun, pandemi mendatangkan berkah tersendiri (a blessing in disguise) bagi industri asuransi, yakni munculnya kesadaran untuk memiliki asuransi.

Hal ini terungkap dari hasil survei Nielsen Indonesia, yang menyatakan kesadaran masyarakat untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota-kota besar di Indonesia belakangan ini meningkat hingga 24 persen, dari sebelumnya hanya single digit.

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang dirilis pada 9 Maret 2021 juga menunjukan meningkatnya kesadaran berasuransi di Indonesia. AAJI melaporkan, jumlah pendapatan premi asuransi jiwa pada kuartal III dan kuartal IV 2020 meningkat sebesar 81,7% dari Rp 50,56 Triliun menjadi Rp 91,86 Triliun. Fakta lainnya, angka pembayaran klaim terkait kesehatan juga meningkat yaitu Rp 5,22 Triliun di Q2 2020 menjadi Rp 9,88 Triliun di Q4 2020.

Untuk lebih mendorong penetrasi asuransi di Indonesia, PermataBank dan Astra Life berkolaborasi meluncurkan AVA iFamily Protection. AVA iFamily Protection adalah produk perlindungan kesehatan yang memberikan manfaat meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, Santuan Rawat Inap dan Santunan Rawat Inap ICU, serta Manfaat penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat.

Baca juga: Kerja Sama Bancassurance Allianz Indonesia – Bank Hana

Produk ini merupakan jawaban bagi masyarakat yang selama ini ingin memiliki asuransi kesehatan dan jiwa namun kemampuannya terbatas dalam membayar premi. Calon nasabah bisa memiliki produk e-bancassurance ini dengan angsuran premi mulai dari Rp 500 ribu per tahun.

Selain premi yang terjangkau, nasabah juga diberi keleluasaan dalam membayar premi, bisa per bulan, per empat bulan, enam bulan, atau setahun sekali. “AVA iFamily Protection dengan keunggulan fitur premi kembali 100% tidak membebani keuangan keluarga. Produk ini juga memberikan santunan rawat inap hingga Rp 3 juta per hari,” tutur Ancilla Lily, Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life, saat jumpa pers virtual, Selasa (16/3/2021).

Kendala kesulitan dalam mengakses produk asuransi juga terjawab pada produk ini, karena masyarakat bisa mengaksesnya melalui aplikasi PermataMobile X milik PermataBank. Semua proses mulai dari pendaftaran, pengisian data – data calon nasabah (Know Your Customer), bahkan penerbitan polis dilakukan secara online melalui aplikasi tersebut.

PermataBank - Astra Life

Ursula Sista Pravesthi, Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank (atas), Ancilla Lily, Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life dan Alain Tandi, Head of Wealth Management Product PermataBank (bawah)

“Jika nasabah sudah memiliki rekening di PermataBank, berarti sudah melewati proses KYC, dimana kartu identitasnya sudah tersimpan datanya, tinggal ikuti saja prosesnya, very seamless dan sangat mudah,” timpal Alain Tandi, Head of Wealth Management Product PermataBank

Ursula Sista Pravesthi, Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank menjelaskan, penambahan produk Astra Life yaitu iFamily dalam fitur eBancassurance PermataMobileX diharapkan dapat melengkapi pengalaman yang seamless dan terbaik bagi nasabah melalui aplikasi tersebut dan meningkatkan engagement nasabah dengan PermataBank.

“Proses pengajuan yang praktis dan singkat, pilihan manfaat asuransi yang beragam serta premi yang terjangkau hingga fitur polis asuransi elektronik (e-polis) yang dikirim langsung ke alamat e-mail nasabah merupakan beragam keunggulan dari fitur pembelian produk asuransi pada PermataMobile X. Semua proses terjadi dengan fast, reliable, dan simple,” papar Ursula.

Baca juga: Empat Hal yang Membuat Orang Enggan Ikut Asuransi

Ancilla menambahkan, AVA iFamily Protection memiliki keunggulan opsi premi kembali 100% di akhir masa kepesertaan selama polis masih aktif, walaupun sudah pernah melakukan klaim Santunan Rawat Inap dan Santunan Rawat Inap ICU. “Satu polis cukup untuk satu keluarga. Kami juga memberikan memberikan diskon premi hingga 20% untuk pembelian paket keluarga hingga 5 tertanggung tambahan,” tandas Ancilla.

Astra Life menargetkan bisa menggaet sekitar 3 ribu nasabah baru AVA iFamily Protection setiap bulannya. Untuk diketahui Astra Life dan PermataBank telah menjalin kerjasama Bancassurance lebih dari 6 tahun. Produk perlindungan jiwa dan kesehatan Astra Life sudah tersedia aplikasi PermataMobileX sejak Februari 2020.

Kerjasama PermataBank dan Astra Life melalui jalur e-Bancassurance PermataMobile X telah mencatat hasil positif berupa peningkatan penjualan lebih dari 700  kali lipat pada akhir semester dua 2020 dibandingkan saat peluncurannya di semester satu 2020 (bulan Februari).

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top