Satu Endorser Atau Banyak ?

Pertanyaan :

Langsung saja Bu, mana yang lebih efektif dan efisien untuk jangka pendek dan jangka panjang, penggunaan satu endorser (seperti Dedy Mizwar untuk iklan Promag) atau banyak endorser (seperti banyak selebriti untuk iklan Oli TOP 1)? Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban:

Pertanyaan yang cukup menarik. Ide menggunakan endorser pada umumnya didasari atas konsep kreatif iklan yang dikembangkan. Tergantung dari message dan tone yang ingin ditekankan dalam komunikasi, biasanya advertiser terus memutuskan apakah menggunakan seorang endorser atau tidak atau bahkan lebih dari satu endorser. Kalau Promag setia menampilkan Dedy Mizwar dan iklannya diasosiasikan dengan Dedy Mizwar bukanlah kebetulan. Namun pesan singkat sosok Dedy Mizwar yang arif dan dekat dengan karakter pengguna yang menjalankan ibadah puasa memang pas sekali. Tone iklan promag yang serius dan bernuansa agamis inilah yang membuat sosok Dedy Mizwar yang serius dan arif menjadi identik dengan karakter merek serta manfaat produk. Ini cocok karena kita berbicara tentang manfaat obat yang memang harus serius karena dibeli dengan motivasi sebagai problem avoidance dan problem removal, sekaligus ingin menampilkan hubungan antara konsumen dengan mereknya. Bayangkan jika tone iklan promag yang serius ini menggunakan endorser artis seksi misalnya?

Walhasil, konon kabarnya, setiap bulan puasa penjualan promag meningkat lebih dari 3 kali lipat. Promag juga pernah menampilkan Dedy Mizwar dan artis lain Wanda. Salah satu tujuannya ingin melakukan ekstensifikasi asosiasi. Jadi untuk mengatasi ketunggalan Dedy Mizwar yang persepsinya sudah makin tua, maka ditampilkan sosok Wanda, wanita muda usia yang aktif dan modern namun masih mempunyai image santun dan berintelektual. Suatu saat dapat saja iklan promag yang baru menampilkan banyak endorser untuk membangun asosiasi leadership-nya.

Top One mempunyai konsep iklan yang sangat berbeda, tone dan message yang ingin disampaikan lebih kepada klaim sebagai oli pilihan. Iklan ini sebagai visual komunikasi klaim sebelumnya dengan keberhasilannya mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya penghargaan MURI sebagai oli yang paling banyak dipakai selebritis. Apakah efektif? Sebelum beriklan dengan eksekusi ini pun Top 1 juga telah berhasil mendongkrak brand awareness dan penjualannya dengan kampanye sebagai “oli asal Amrik”. Maka iklan yang menampilkan banyak endorser bertujuan untuk ekstensifikasi asosiasi dari “oli asal Amrik” saja ke “dipakai oleh banyak selebriti” maka “juga digemari banyak orang”.

Mana yang lebih efektif dan efisien? Baik yang satu endorser maupun banyak endorser semuanya bisa efektif dan efisien tergantung dari asosiasi yang ingin dibangun dan tentunya dapat berubah-ubah sejalan dengan perkembangan pasar dan persaingan. Selamat bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.