Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Samsung Innovation Campus Bekali Lulusan SMK dengan Web Programming

Marketing.co.id – Berita Teknologi I Memasuki tahun kedua, Samsung Innovation Campus membekali peserta didik dengan web programming untuk membangun situs yang menjadi platform dasar akses informasi produk atau layanan di era digital. Ada 396 siswa dan 27 guru mendapatkan pelatihan coding & web programming dengan akses networking lebih luas serta peluang Full-stack Development Bootcamp bersama Skilvul.

Samsung Innovation Campus

Risman Adnan M, Direktur Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN) mengatakan, bahwa Samsung Electronics Indonesia mempertegas komitmennya dalam mendorong terciptanya generasi masa depan yang mampu berkompetisi di Industri melalui penyelenggaraan program SIC. Program ini sekaligus bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus kepada kemampuan teknis (hard skill) dan membantu meningkatkan soft skill yang kuat.

“Dengan tetap berfokus pada pengembangan kemampuan dasar teknologi yang semakin dibutuhkan industri 4.0, SIC 2021 menekankan materi pelatihan pada pengembangan website sebagai platform dasar untuk informasi produk atau layanan,” kata dia.

Berdasarkan e-Conomy SEA report 2020 menyatakan, bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia akan terus tumbuh hingga 23 persen selama periode 2020 hingga 2025. Peningkatan ini didukung dengan berbagai hal diantaranya adalah semakin tingginya penggunaan layanan digital sebesar 37% dimana adopsinya terdapat dalam berbagai bidang seperti e-commerce, hiburan, finansial hingga pembelajaran.

Tak hanya itu, Kemendikbud Ristek juga sedang mempersiapkan terciptanya generasi lulusan SMK yang berkualitas sesuai kebutuhan dunia kerja yang dalam pelaksanaannya melibatkan multisektor, mulai dari tenaga pengajar hingga para pelaku industri. Kebutuhan tenaga kerja berkemampuan digital yang akan semakin meningkat seiring dengan akselerasi interaksi digital pada era industri 4.0 menjadi perjalanan panjang yang akan berdampak pada pertumbuhan bangsa.

Wikan Sakarinto, S.T. M. Sc, Ph.D, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, menyampaikan program SIC dapat menguatkan softskill, hardskill, dan karakter siswa SMK serta memberikan perspektif kebutuhan riil terkini dari industri saat ini seperti apa sehingga siswa SMK bisa membangun passion dan visinya sedini mungkin. “Dalam program SIC, yang pada tahun keduanya ini telah membantu siswa SMK memperkuat aspek softskills, hardskills dan karakter yang sesuai kebutuhan industri, pembelajaran berbasis proyek riil, praktek kerja lapangan, hingga pembaruan teknologi dan kolaborasi bersama pelaku industri,” pungkas Wikan.

Adapun bentuk pelatihan yang diberikan dalam program SIC Batch 2 – 2020/2021 ini meliputi Design Thinking, Web Design (UX), dasar-dasar pemrograman website seperti HTML, CSS, Javascript, serta kemudahan akses networking komunitas belajar lintas sekolah bersama para mentor yang ahli di bidangnya. Karenanya, metode ini sejalan dengan rumus pembelajaran 8+i Link and Match dari Kemendikbud, dalam mencetak lulusan SMK yang mampu menjawab tantangan industri melalui kemampuan khusus di bidang teknologi informasi dan perangkat lunak.

Pada acara puncak Samsung Innovation Campus – Batch 2 – 2020/2021: Project Competition, para finalis menghasilkan project atau produk yang mampu menjadi solusi digital untuk pemecahan masalah sosial dan lingkungan sekaligus akan memperkuat pengetahuan dasar tentang pengembangan produk dan coding. Dalam kesempatan yang sama, SIC 2021 juga memberikan beasiswa program JobReadiness yang diselenggarakan oleh Skilvul sebagai mitra program Samsung Innovation Campus yang ditujukan kepada 5 tim finalis. Para finalis akan menjalankan Full-stack Web Development Bootcamp dan Career Preparation untuk menyiapkan mereka menjadi talenta digital siap kerja bersama di salah satu dari 150 partner Skilvul.

“Samsung Innovation Campus merupakan salah satu program pendidikan dari Samsung Electronics Indonesia di bawah payung program Samsung Indonesia Cerdas yang mendukung sektor pendidikan dalam mempersiapkan masyarakat digital. Baik guru maupun peserta didik diharapkan dapat menjadi masyarakat digital yang dapat berperan aktif memajukan masa depan Indonesia.” tutup Risman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top