Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Sambut Hari Pelanggan Nasional, Blibli Berikan Layanan Menyeluruh Bagi Pelanggan

Marketing.co.id – Hari Pelanggan Nasional 2020 | Selama pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang beralih ke e-commerce karena menyediakan pilihan produk lengkap dan pengiriman langsung di tengah keterbatasan operasional toko offline.

Ilustrasi aplikasi Blibli / www.blogsederhana.web.id

Sebagai e-commerce dengan konsep belanja online ala mall, Blibli.com mencoba menangkap pergeseran perilaku masyarakat dengan mengeluarkan fitur dan layanan inovatif agar bisa melayani pelanggan yang semakin bergantung pada e-commerce untuk pemenuhan kebutuhannya.

“Beberapa fitur dan layanan inovatif yang diluncurkan mencakup logistik, pembayaran, dan kolaborasi bersama seller untuk menjaga ketersediaan produk,” kata Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) Operations  Blibli.

Menurut Lisa, logistik menjadi sangat penting khususnya ketika pelanggan membatasi aktifitas berbelanja di luar rumah namun tetap membutuhkan produk-produk esensial, termasuk makanan segar yang tersedia dengan cepat.

Blibli memperkuat logistik dengan menerapkan prosedur-prosedur untuk menjaga bukan saja kecepatan, namun juga kebersihan pengiriman. Salah satu hal yang diterapkan sejak awal adalah Contactless Shipping yaitu pengiriman yang mengurangi interaksi langsung antara kurir dan pelanggan.

Baca juga: Kementerian Koperasi dan UKM Luncurkan KUMKM Hub di Blibli

Demi keamanan dan keselamatan bersama, kurir dibekali dengan APD seperti masker dan sarung tangan. Selain itu, semua warehouse beserta paket yang dikirimkan telah dibersihkan secara steril untuk menjaga higienitas. “Saat ini kami menjalankan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Untuk memperkuat pengiriman groceries, atau kebutuan sehari-hari, Blibli memperkenalkan opsi pengiriman baru, yaitu Scheduled Delivery, khusus untuk BlibliMart di mana pelanggan bisa memilih waktu pengiriman paket. Opsi pengiriman ini khususnya berguna untuk makanan segar karena pelanggan bisa langsung menerima pesanan pas saat dibutuhkan.

Solusi pembayaran juga dihadirkan untuk memberikan kemudahan bertransaksi. Di April, Blibli meluncurkan PayLater, opsi pembayaran di mana pelanggan bisa berbelanja sekarang dan membayar nanti dengan memanfaatkan fasilitas kredit hingga Rp 8 juta.

Selain PayLater, Blibli juga bekerjasama dengan OVO untuk menambahkan opsi pembayaran melalui aplikasi pembayaran elektronik tersebut. Dengan semua pembayaran baru ini, Blibli telah memperluas metode pembayaran menjadi 9 dan mitra pembayaran menjadi 37.

Lanjutnya, ketersediaan barang pun menjadi tantangan saat pandemi. Karena itu, Blibli berkolaborasi dengan seller, termasuk UMKM, agar pelanggan selalu bisa mendapatkan produk yang mereka butuhkan selama masa pandemi.

Guna memberikan dukungan ekstra kepada pelanggan supaya bisa berbelanja dengan lancar. Sekaligus memberikan kepuasan kepada mereka. Blibli melakukan pendekatan high tech dan high touch yang menjadi core dari Customer Care, yaitu layanan pelanggan Blibli yang dijalankan 24 jam setiap hari.

Baca juga: Blibli.com Hadirkan Pengalaman Belanja Online Terbaik

Dengan pendekatan high tech, Blibli menawarkan respon langsung pada pertanyaan pelanggan secara real time dengan sistem yang lebih terintegrasi. Dimana Customer Care Blibli menggunakan berbagai kanal berbasis teknologi, termasuk live chat, call, social media dan e-mail, untuk berinteraksi dengan pelanggan.

“Dalam waktu dekat, Blibli akan meluncurkan kanal baru melalui WhatsApp agar lebih memudahkan komunikasi antara pelanggan dengan tim customer care kami,” ungkap Lisa.

Disamping itu, Blibli mengedepankan strategi high touch untuk lebih mendekatkan diri dengan pelanggan. High touch adalah layanan pelanggan berbasis sentuhan manusia yang dijalankan oleh seluruh jajaran tim customer care.

Lisa berharap, dengan layanan pelanggan berbasis high tech dan high touch ini, pelanggan benar-benar terbantukan oleh kehadiran Blibli, khususnya di tengah pandemi dan dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September untuk menjaga kepuasan pelanggan.

“Dengan memberi pelayanan yang menyeluruh bagi pelanggan, Blibli dapat terus berperan sebagai platform teknologi yang memungkinkan transaksi dan konsumsi terjadi kapanpun dan dimanapun,” pungkas dia.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top