Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Sambut Hari Raya Idul Fitri, 3 Indonesia Perkuat Jaringan di 216 Titik

Marketing.co.id — Hingga minggu ketiga bulan Ramadan, 3 Indonesia telah mencatat kenaikan lalu lintas data sebesar 22% dibandingkan bulan sebelumnya, atau sebesar 48% jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu.

TELEKOMUNIKASI INDONESIA

3 Indonesia sambut Hari Raya Idul Fitri dengan perkuat jaringan di 216 titik strategis di seluruh Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun tim teknikal 3 Indonesia, kenaikan lalu lintas data selama tiga minggu pertama bulan Ramadan didominasi oleh penggunaan layanan e-commerce sebesar 77% yang disebabkan maraknya aktivitas belanja online selama bulan Ramadan berlangsung. Terkait itu, 3 Indonesia memperkirakan tren ini akan berlanjut dan mencapai puncaknya pada pekan perayaan Idul Fitri.

Daerah yang mengalami kenaikan trafik layanan tertinggi diantaranya Kisaran, Sumatera Utara (9%), dan Cianjur-Sukabumi (8%), dan kemudian diikuti oleh Karawang, Serang dan Tasikmalaya (7%). Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya penerapan PSBB di beberapa daerah tersebut.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, banyak pelanggan 3 Indonesia yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Silaturahmi kini dilakukan melalui pesan singkat, dan video call. Untuk selalu menghubungkan seluruh pelanggan, kami melakukan optimisasi kualitas dan kualitas jaringan agar pelanggan tetap dapat menjalankan ibadah dan silaturahmi di Hari Raya dengan nyaman meskipun harus tetap berada di rumah masing-masing,” ujar M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia.

Untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data selama Hari Raya Idul Fitri, 3 Indonesia melakukan upaya optimasi jaringan di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia. Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 31 POI di Kalimantan dan Sulawesi.

Selain itu, untuk semakin memastikan penyediaan jaringan yang andal, 3 juga telah membangun 2.500 BTS baru, serta menambah kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area pemukiman penduduk. 18 unit armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan di sejumlah titik strategis. Optimisasi juga dilakukan di area rumah sakit rujukan COVID-19.

“Kami memantau dan mengendalikan jaringan kami dari Network Operation Center (NOC) yang beroperasi selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, termasuk selama Hari Raya berlangsung. Kami berharap seluruh upaya ini dapat membantu pelanggan kami untuk dapat beribadah serta bersilaturahmi dengan keluarga dan orang-orang tercinta secara virtual dengan nyaman,” pungkas M. Buldansyah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top