Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Saatnya “Memainkan” Pasar Lewat Game

YM JULI 7 coverMarketing.co.id | Aplikasi game untuk berbagai keperluan lain di luar game itu sendiri atau yang tenar dengan istilah gamification sedang menjadi tren di dunia digital marketing. Namun, tidak seperti banyak tren yang ramai sesaat setelah itu menghilang, gamification bertahan dan justru semakin besar pasarnya.

Menurut riset yang dilakukan oleh M2Research, pasar gamification diperkirakan akan bernilai sebesar 2,8 miliar dolar AS pada 2016 mendatang. Jumlah perusahaan yang ikut menjajal hal ini juga semakin bertambah.

Saat ini gamification paling banyak digunakan untuk kegiatan marketing dan retensi pelanggan. Namun, semakin hari fungsinya terus berkembang. Kini game bukan saja monopoli milik para marketer. Perusahaan sudah memfungsikan game untuk kegiatan PR, edukasi, riset, hingga pengembangan SDM.

Bahkan Gartner memperkirakan tahun depan, 70% perusahaan besar akan menggunakan aplikasi gamification dalam organisasi mereka untuk memotivasi para karyawan. Proyek-proyek ini diperkirakan mendorong 50% dari seluruh inovasi yang ada.

Ikatan yang terbangun antara seseorang dengan permainan yang mereka mainkan membuat game menjelma menjadi perangkat marketing yang efektif. Game mampu menjadi jembatan untuk membangun engagement yang kuat antara perusahaan dengan konsumen.

Pada edisi kali ini, Majalah Youth Marketers mengupas tuntas tentang gamification dan penerapannya di berbagai Industri untuk beragam keperluan. Misalnya bagaimana industri fashion memanfaatkan game untuk mengajak konsumennya menyelami dan mengenal lebih dalam merek-merek besar yang selama ini mendominasi industri tersebut.

Ada juga ulasan mengenai berbagai kampanye pemasaran sukses dengan memanfaatkan social gaming. Di dalamnya dibahas bagaimana Century 21 dan MasterCard bahkan Perpustakaan Umum New York mengaktifkan konsumen mereka melalui game.

Ada pula wawancara dengan Vincentius Hening, CMO Agate Studio dan Garibaldy Wibowo Mukti, CMO Nightspade. Mereka berbagi insight mengenai pemanfaatan game sebagai perangkat marketing dan sejauh mana marketer Indonesia memanfaatkan tools ini.

Jangan lewatkan juga artikel menarik dari para kolumnis. Ada kisah mengenai pohon apel di kolom Inspirasi. Ulasan bagaimana game dapat menjadi senjata pamungkas para marketer di kolom Marketingnesia serta pemanfaatan media sosial untuk membangun kepercayaan konsumen di kolom Strategic Digital Marketing.

Silakan download edisi ke-7 Di SINI

Anda bisa mendownload semua edisinya di www.ymarketers.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top