Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Ruth Amelia: Susahnya Bahasa Jawa

Ruth Amelia

Ruth Amelia

Belajar bahasa memang gampang-gampang susah. Butuh ketekunan dan komitmen tersendiri. Termasuk belajar bahasa Jawa. Mengingat bahasa daerah ini berbeda dari bahasa daerah lain lantaran mempunyai beberapa tingkatan. Inilah yang diamini Ruth Amelia—PR Manager PT Air Mancur. Perempuan berdarah Batak ini mau tak mau kudu belajar bahasa Jawa mengingat dia harus berkomunikasi dengan para bakul jamu—khususnya ibu-ibu bakul jamu gendong yang sebagian besar berasal dari Jawa.

“Sebagai PR, saya harus mampu berkomunikasi dengan para pelanggan. Sebagian pelanggan Air Mancur masih berbahasa daerah. Belajar bahasa ini jadi salah satu tugas pendukung saya,” katanya.

Ruth mempunyai pengalaman tak terlupakan terkait dengan bahasa ini. Pada tahun 2004, Ruth didaulat untuk menyiapkan gathering para bakul jamu gendong sebagai bentuk edukasi Air Mancur. “Saat itu, saya mencoba berbahasa Jawa. Tapi, banyak orang tertawa karena ada kata-kata yang salah. Ditambah aksen Batak saya masih kuat sehingga ucapannya terdengar lucu. Pengalaman ini membuat saya belajar bahasa Jawa lebih rajin lagi. Sekarang, sudah 90 persen saya menguasainya,” kata perempuan kelahiran 24 September 1972 ini.

Ruth Amelia bergabung dengan perusahaan jamu Air Mancur pada tahun 2003. Menjadi “juru bicara” para bakul jamu pun sudah ia lakoni sejak lama. Sebelum bergabung dengan Air Mancur, ia sudah dipercaya sebagai PR asosiasi Gabungan Pengusaha Jamu (GPJ). “Saya sudah cukup khatam dengan jamu. Minum jamu pun sudah saya gemari sejak SMP. Bergaul dengan para bakul jamu seperti sekarang ini membuat saya tambah cinta dengan jamu,” kata pehobi jalan-jalan ini.

Belakangan ini, Ruth sibuk menggenjot komunikasi ke pasar anak muda. Ruth bermimpi jamu Air Mancur populer di kalangan orang muda mengingat ada anggapan jamu itu rasanya pahit dan terkesan kuno. (Majalah MARKETING/Sigit Kurniawan)

1 Comment

1 Comment

  1. endi

    June 5, 2010 at 14:47

    Ya…saya setuju…karena bahasa adalah sarana komunikasi yang penting..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top