Marketing.co.id – Berita Digital & Tech | Runchise, sebuah startup manajemen restoran dan waralaba kuliner yang berbasis di Indonesia, hari ini mengumumkan pendanaan baru sebesar US$1 juta dari investor sebelumnya, yakni East Ventures dan Genesia Ventures. Dengan injeksi modal ini, Runchise mempertahankan fokus pada pengembangan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan profitabilitas restoran-restoran yang menjadi mitranya. Selain itu, startup ini akan mengalokasikan dana untuk kegiatan branding dan ekspansi, memperluas jangkauan bisnis mereka ke lebih banyak kota serta memberdayakan lebih banyak pelaku usaha untuk berkembang.
“Kami senang bisa terus mendapat dukungan dari investor kami. Kami yakin pendanaan ini merupakan bukti kepercayaan yang kuat terhadap solusi kami untuk memberdayakan industri makanan dan minuman,” kata Daniel Witono, Co-Founder dan Chief Executive Officer Runchise.
Sektor makanan dan minuman (F&B) serta perhotelan memiliki peluang besar di berbagai negara berkembang, tetapi juga menghadapi persaingan ketat antar pemain. Untuk berhasil dalam sektor ini, keunggulan dan efisiensi operasional sangatlah penting. Namun, para pemain F&B masih menghadapi berbagai tantangan, terutama karena kurangnya solusi yang dirancang khusus untuk industri ini.
Runchise, didesain berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang proses bisnis dan pengoperasian restoran, menyajikan platform yang berpusat pada pengguna (user-centric) dengan ekosistem end-to-end. Melalui platform online atau berbasis cloud, Runchise memastikan semua informasi dari gerai restoran terhubung secara transparan, akurat, dan konsisten dalam satu platform.
Solusi Runchise mencakup operasional front-store, fungsi back-office, integrasi dengan platform pengiriman makanan online, serta keterlibatan pelanggan. Dengan integrasi machine learning, Runchise mampu memberikan prediksi penjualan harian untuk setiap outlet.
“Kami senang untuk berinvestasi lagi di Runchise. Dengan peluang besar di industri F&B ditambah dengan keahlian Daniel dan timnya, kami yakin Runchise akan terus memainkan peran penting dalam mendorong digitalisasi ekosistem F&B di Indonesia,” kata Melisa Irene, Partner East Ventures.
Industri F&B adalah pasar yang dinamis dan berkembang. Runchise, dengan beragam solusinya, berada pada posisi yang tepat untuk memanfaatkannya. Pergeseran perilaku konsumsi, yang dipercepat oleh pandemi, telah menggarisbawahi pentingnya para merchant untuk mengadopsi strategi omnichannel dan mengoptimalkan operasi mereka untuk potensi pendapatan yang lebih baik.
“Kami yakin dengan pengalaman dan kepemimpinan Daniel, Runchise siap menjadi pemimpin dari industri F&B. Kami memperkuat komitmen kami kepada Runchise melalui investasi lanjutan ini dan berharap dapat mendukung Daniel dan timnya saat mereka terus menetapkan standar baru di sektor F&B,” kata Takahiro Suzuki, General partner GENESIA.
Didirikan pada tahun 2022 oleh Daniel Winoto (Co-Founder dan Chief Executive Officer) dan Ivana Widjaja (Co-Founder dan Chief Operation Officer), Runchise telah berhasil membantu ratusan brand meningkatkan dan menyederhanakan proses mereka, terutama dalam memperluas operasi ke berbagai lokasi. Dengan pendanaan baru ini, Runchise semakin memperkuat posisinya sebagai pionir dalam transformasi digital industri F&B di Indonesia.