Rilis ZenCore, Zenius Ciptakan Kampanye Viral #MulaiDariManaAja

Marketing.co.id – Berita Digital I Zenius Education secara resmi meluncurkan fitur ZenCore, yang menyediakan materi dan pelatihan adaptif untuk mengembangkan keterampilan fundamental pengguna. Fitur ZenCore dibuat dengan konsep gamifikasi yang melibatkan skema peringkat dan penilaian (rank and score).

Zenius Zencore

Ary Mozta, Head of Marketing and Communications Zenius mengatakan, bahwa setiap orang bisa belajar dan meningkatkan kapasitas pengetahuannya dari mana saja, bahkan saat menemukan pertanyaan matematika di bungkus gorengan, melihat pertanyaan bahasa di mural truk, dan sebagainya.

Uniknya, untuk meluncurkan fitur ini, Zenius terlebih dahulu melakukan eksperimen sosial bertajuk #MulaiDariManaAja dengan memasang pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan umum di medium-medium yang tidak biasa, mulai dari baliho di tepi jalan, videotron, bungkus gorengan, hingga di bagian belakang truk dan angkot.

Pertanyaan ini muncul disertai dengan QR Code yang mengarah ke situs mulaidarimanaaja.com – tanpa logo, tanpa nama brand, dan tanpa petunjuk apapun. Tak pelak, kemunculan pertanyaan-pertanyaan di berbagai kota ini viral dan membuat netizen penasaran. Percakapan yang ramai di media sosial membuat tagar #MulaiDariManaAja viral dan menempati posisi ke-5 trending topic Twitter di Indonesia pada tanggal 25 Juni lalu.

“Kami sengaja menggunakan medium-medium yang tidak biasa karena kami juga ingin membangun sisi menyenangkan dari belajar. Zenius percaya bahwa kegiatan belajar tidak harus membosankan, tapi bisa menyenangkan,” imbuh dia.

Dia melanjutkan, dalam fitur ZenCore sendiri terdapat dua fitur utama, yakni CorePractice, tempat latihan dengan ratusan ribu pertanyaan latihan dari 3 cabang konsentrasi utama seperti logika verbal, matematika, dan Bahasa Inggris. Sementara CoreInsight, tempat yang menyediakan berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history yang dapat digunakan untuk mendukung dan memperluas wawasan dan sudut pandang pengguna.

“Tersedia di aplikasi Zenius, fitur ZenCore dapat diakses secara gratis. Terdiri dari 100 level dengan total lebih dari 135.000 pertanyaan yang disajikan dalam format permainan,” imbuh dia.

Ya, berbeda dari teknik pemasaran lain yang sudah umum, lanjut dia, Zenius mengandalkan pemasaran akar rumput dalam kampanye #MulaiDariManaAja untuk menggali interaksi yang lebih mendalam dan lebih luas dengan audiens yang ingin disasar.

Menurut firma marketing Hubspot, pemasaran akar rumput adalah strategi dimana brand membuat konten-konten dengan target spesifik, yang menggugah audiens untuk membagikan atau menyebarluaskan konten tersebut.

Zenius berupaya menumbuhkan rasa penasaran audience melalui pertanyaan-pertanyaan sederhana namun seringkali mengundang perdebatan. Audience yang menemukan pertanyaan-pertanyaan latihan Zenius di bungkus gorengan, gelas jus, hingga kemasan makanan, kemudian mengunggah foto tersebut dan mengajak orang lain untuk menjawab.

Kampanye #MulaiDariManaAja memadukan pendekatan offline dan online. Dimulai dari menyebar pertanyaan secara offline di medium yang tidak biasa di sejumlah kota-kota besar di Indonesia seperti wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Medan, hingga Makassar, kemudian dilanjutkan dengan membuat platform digital berupa microsite, di mana orang bisa mengikuti survey dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat mendasar.

Sejak 14 Juni lalu, ‘eksperimen sosial’ yang Zenius lakukan menghasilkan lebih dari 100.000 vote atau jawaban partisipan yang tersebar mulai dari Sumatera hingga Sulawesi. Dari total jawaban tersebut, sebanyak 73% (73.893) menjawab benar dan 27% (27.817) masih memberikan jawaban yang salah pada 43 pertanyaan-pertanyaan yang bersifat fundamental di website mulaidarimanaaja.com. Hal ini menunjukkan learning gap merupakan masalah nyata yang ada di masyarakat, dan hal tersebut harus diperbaiki.

Sementara itu, kampanye ini juga sukses menghasilkan lebih dari 3 juta impression dari seluruh kanal media sosial, termasuk Facebook, IG feed, IG story, IG reels, TikTok, dan Twitter. Selain itu, pertanyaan-pertanyaan yang sempat ramai di Twitter ini juga diliput oleh beberapa media arus utama dan menghasilkan lebih dari 25 artikel dengan impression lebih dari 1 juta.

“Dengan menampilkan pertanyaan-pertanyaan sederhana atau mendasar, tapi tidak banyak yang tahu jawabannya. Kami berharap ini akan memantik rasa keingintahuan orang-orang. Sesuai dengan harapan kami, kampanye #MulaiDariManaAja berhasil menjadi topik perbincangan di media sosial, sehingga bisa menjangkau lebih banyak target audience kami melalui platform digital dan media sosial,” ujar Ary.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.