Resmi Hadir di Indonesia, GoBear Luncurkan GoBear Financial Health Index

Marketing – GoBear, supermarket keuangan terkemuka di Asia yang mempunyai misi meningkatkan kesehatan keuangan para penggunanya hari ini secara resmi hadir di Indonesia. 

GoBear Indonesia sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan No. S-97/MS.72/2019 dan tergabung sebagai anggota di Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Bersamaan dengan kehadirannya di Indonesia, GoBear meluncurkan GoBear Financial Health Index sebagai bentuk komitmennya berkontribusi meningkatkan kesehatan keuangan masyarakat Indonesia.

GoBear Financial Health Index (FHI) adalah hasil studi yang dilakukan dengan tujuan untuk memahami apa yang masyarakat Asia pikirkan, rasakan dan lakukan terkait dengan kesehatan keuangan mereka. 

Berisikan wawasan konsumen, FHI adalah sumber informasi bagi para ahli dan pengguna, untuk memahami dan mempelajari kebiasaan dan perilaku seputar kesehatan keuangan pribadi yang berlaku di Asia.

“FHI sebagai inisiatif pendidikan utama tentang kesehatan keuangan berupaya mengidentifikasi pola sikap dan perilaku keuangan masyarakat Indonesia. FHI juga menawarkan konsep kesehatan keuangan yang memperhitungkan 3 komponen, yakni literasi keuangan, keamanan keuangan, dan inklusi keuangan,” jelas Tris Rasika, Country Director GoBear Indonesia.

FHI membawa informasi kesehatan keuangan dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada manusia dan membuatnya relevan dalam konteks fintech.

Metode survei yang digunakan FHI adalah wawancara kuantitatif secara online dengan karakteristik responden yang beragam di empat lokasi Asia, yaitu Indonesia, Hong Kong SAR, Singapura dan Thailand. Dengan usia mulai dari 18-65 tahun, jumlah gender yang seimbang, pendapatan bulanan, hingga akses internet yang mereka miliki.

Hasil studi FHI mengungkapkan fakta menarik, seperti bahwa di usia 35 tahun, orang Indonesia belum memulai perencanaan keuangan dan di usia 41 tahun baru memulai perencanaan keuangan terkait pensiun. 

Orang Indonesia juga merasa aman secara keuangan (nilai 7.5 dari skala 1-10), tetapi hanya 37 persen dari mereka yang memiliki tabungan untuk mencukupi kebutuhan hidup lebih dari 6 bulan bila mereka kehilangan sumber pendapatan utamanya. 

Fakta-fakta tersebut membuat GoBear berusaha membantu masyarakat untuk mengerti dan memahami agar dapat mengatasi masalah keuangan baik pribadi maupun keluarga.

Platform GoBear Indonesia berfungsi untuk membantu pengguna menemukan produk keuangan yang paling tepat berdasarkan profil dan kebutuhan mereka.

“Lewat situs GoBear, siapapun bisa mengakses produk keuangan yang dicari, secara singkat/ sederhana dan transparan. Para pengguna hanya perlu memasukkan profil dan akan keluar rekomendasi produk keuangan yang paling tepat dan sesuai dengan profilnya. Mereka juga dapat membandingkan produk keuangan yang tersedia dengan lebih mudah,” lanjut Tris Rasika.

Selain Indonesia, GoBear telah melayani pasar Singapura, Hong Kong SAR, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Hingga saat ini, GoBear memiliki 1800 produk dari 100 partner dengan 40 juta pengguna  di 7 negara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.