Terus meningkatnya jumlah perusahaan jasa pengiriman membuat persaingan di segmen ini kian panas. Bukan tanpa alasan, booming-nya e-commerce dalam beberapa tahun terakhir adalah salah satu pemicunya.
Tidak hanya itu, globalisasi dan kemajuan teknologi telah membuat kompetisi dunia usaha secara umum menjadi semakin kompetitif. Hal itu mengharuskan setiap entitas usaha untuk selalu melakukan inovasi agar dapat terus eksis dalam persaingan.
Djoko Purwanto, Manajer Manajemen Mutu PT Pos Indonesia (Persero), mengatakan Pos Indonesia bisa eksis hingga sekarang karena selalu melakukan perbaikan secara terus menerus (continuous improvement), mulai dari produk, pelayanan dan sumber daya manusia (SDM).
Pos Indonesia memiliki banyak layanan yang dibutuhkan masyarakat masa kini, seperti pengiriman surat, paket, uang, dan pembayaran.
Menurutnya, setiap inovasi yang dilakukan Pos Indonesia selalu disesuikan dengan gaya hidup masyarakat. Misalnya, belum lama ini Pos Indonesia meluncurkan dua layanan terbaru mereka, yakni Kartu Giro Pos dan KioskPOS Non Tunai.
Melalui layanan KioskPOS Non Tunai, masyarakat dapat melakukan transaksi pengiriman uang, transfer, cek saldo, dan pembayaran bill payment, termasuk listrik, dan top up pulsa. Transaksi tersebut dapat dilakukan 24 jam penuh.
Sedangkan untuk mendapatkan Kartu Giro Pos, pelanggan cukup datang ke kantor Pos untuk melakukan pendaftaran. Rencananya, Kartu Giro Pos dapat digunakan untuk transaksi di merchant-merchant yang sudah bekerja sama, termasuk jaringan ATM.
“Kami terus melakukan inovasi agar semakin dekat dan memudahkan pelanggan, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan loyalitas mereka,” terang Djoko.
Melalui continuous improvement perusahaan plat merah ini mencoba menjawab tantangan-tantangan yang ada agar konsistensi pertumbuhan tetap terjaga.
Memang benar, upaya continuous improvement yang dilakukannya membuahkan hasil. Hal itu terlihat dari laporan keuangan mereka yang setiap tahunnya terjadi peningkatan, di mana setiap tahunnya pendapatan Pos Indonesia meningkat 20-25%.
Nah, jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut tentang upaya continuous improvement Pos Indonesia dan perusahaan lainnya, Anda dapat membacanya secara lengkap di Majalah Youth Marketers, klik di sini untuk mengunduhnya secara gratis!!!
Salah satu layanan pos indonesia yang sering saya gunakan adalah pengirimanan paket pos ke luar negeri dengan RLN…selain murah banget…nyampenya juga cepat. Salut sama layanan pos indonesia sekarang.