Portal Lengkap Dunia Marketing

XX Excellent Service

Resep Layanan Pelanggan ala Yuliana Agung

Yuliana Agung

Yuliana Agung

Service yang memuaskan merupakan salah satu kunci sukses dari penjualan. Ya, siapa yang ingin membeli barang di toko dengan layanan buruk? Tidak ada. Untuk itu, semua perusahaan menggembleng para pelaku service demi memberikan layanan maksimal kepada para pelanggan.

Kendati demikian, ada beberapa costumer service yang merasa sudah melayani dengan maksimal, tapi para pelanggan tetap bersikap acuh dan menilai pelayanannya buruk. Hal ini membuat, Yuliana Agung, selaku CEO dari Carre Center for Customer Satisfaction & Loyalty angkat bicara mengenai rahasia untuk menjadi costumer service yang sukses.

Ketika ditemui di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta, Yuliana mengatakan tidak sulit untuk menjadi CS yang sukses. Hanya butuh tiga hal, yaitu hati, passion, dan komitmen.

Hati harus tulus, sementara passion memang wajib dimiliki oleh setiap individu yang berkomitmen. Kesemua itu dipadupadankan dengan dasar suka melayani orang. “Bukan hanya suka bertemu dengan orang banyak, tapi suka melayani,” jelas wanita yang mendapat gelar MBA-nya di Australian Graduate School of Management.

Sementara itu, pendidikan bersikap pun wajib diberikan kepada para CS agar mendapatkan winning attitude yang menunjang pekerjaan di bidang costumer service. Pendidikan itu terdiri dari:

1.       Self Awareness

Bersikap terbuka dan tidak membatasi diri penting untuk dimiliki, namun tentu saja dalam arti yang positif. Mereka yang tidak dibatasi dan membatasi diri, akan memiliki berbagai inovasi dalam menangani masalah.

2.       Self Esteem

Self esteem menurut Yuliana Agung adalah sikap tidak merasa iri dengan penghargaan yang diberikan kepada orang lain. Berapa pun penghargaan serta pujian yang terlontar kepada mereka, Anda harus tetap fokus pada visi dan goal.

3.       Self Determination

Last but not least adalah self determination. Ini sangat penting untuk menjaga mental serta karakter Anda tetap stabil. Self determination juga faktor penentu apakah Anda menjadi pemenang atau pecundang. “Mereka yang jadi pemenang adalah mereka yang berusaha mewujudkan hal yang ingin dicapai,” ucap Yuliana.

Tak hanya itu, wanita yang sempat kuliah di IPB ini juga menambahkan, bahwa kunci menjadi costumer service adalah memenangkan hati pelanggan. Sebelumnya, Yuliana juga sempat memberikan kata mutiara yang bersifat umum, “Try to be excellent, bukan to be perfect. Karena tidak ada manusia yang sempurna, tapi excellent akan terus berguna bagi kehidupan.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top