Rekor Baru! Laba Erajaya 2021 Tembus Rp 1 Triliun

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Erajaya Swasembada, Tbk (Erajaya) melaporkan catatan rekor laba baru yang diatribusikan kepada perusahaan induk pada periode tahun 2021 sebesar Rp 1 triliun atau meningkat 65,4% YoY. Trend pertumbuhan ini berkelanjutan dengan peningkatan penjualan bersih sebesar 27,4% YoY.

Melanjutkan komitmen untuk terus bertumbuh, Erajaya terus melakukan ekspansi walaupun masih di tengah kondisi pandemi dengan penambahan 289 gerai sepanjang tahun 2021 dan hingga 31 Desember 2021 tercatat Erajaya telah memiliki ritel sebanyak 1.218 toko dengan 88 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 66.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Hasan Aula, Wakil Direktur Utama Erajaya Group. Foto: Istimewa.

“Erajaya Group berhasil mencatat rekor laba bersih sebesar Rp 1,1 triliun, atau peningkatan sebesar 65,4% dibanding tahun sebelumnya. Kondisi pandemi tidak menyurutkan ekspansi Erajaya untuk membuka banyak gerai dan akhirnya mencatatkan penjualan yang positif sebesar Rp 43,5 triliun sepanjang tahun 2021, meningkat 27,4% dari tahun sebelumnya dengan permintaan pasar paling besar adalah produk handset,” ungkap Hasan Aula, Wakil Direktur Utama.

Selama masa pandemi, Erajaya berhasil mengembangkan ekspansi dengan membentuk 4 (empat) lini bisnis yang antara lain:

1. Erajaya Digital : Vertikal bisnis yang berfokus pada core business yaitu smartphone beserta computer dan consumer electronics. Di awal tahun 2022 ini, Erajaya telah mengumumkan pembentukan Joint Venture Partnership dengan Mobile World Group, leader bisnis ritel consumer electronics di Vietnam, untuk bersama-sama mengembangkan bisnis consumer electronic di Indonesia, dengan nama Era Blue.

2. Erajaya Active Lifestyle : Vertikal bisnis yang berfokus pada produk IoT (Internet of Things), ekosistem-nya dan produk lifestyle Di pertengahan 2021, Erajaya Group mengumumkan pembentukan Joint Venture Partnership dengan JD Sports Fashion Plc untuk membuka toko ritel dengan nama JD Sports yang berfokus pada produk sports fashion apparel. Saat ini, JD Sports Indonesia telah memilike 2 gerai di Mall Kelapa Gading dan Lippo Mall Puri, dan berencana membuka beberapa lokasi lain dalam waktu dekat.

3. Erajaya Food & Nourishment: Vertikal bisnis ini berfokus pada industri food & beverages (F&B). Tidak hanya itu saja, lini bisnis ini juga bekerjasama membentuk joint partner antara lain:

  • Joint Venture Partnership dengan Grand Lucky Group untuk membuka toko grocery dengan nama Grand Lucky dan saat ini telah memiliki 2 toko yang berlokasi di Sanur Bali dan Mall of Indonesia.
  • Joint Venture Partnership dengan Paris Baguette untuk membuka café-bakery Paris Baguette di Indonesia. Saat ini telah memiliki 4 toko yang berlokasi di Astha District 8, Senayan City, Pondok Indah Mall dan Summarecon Mall Bekasi.
  • Melakukan investasi dalam bentuk kepemilikan saham ke dalam Sushi Tei Group.

4. Erajaya Beauty & Wellness: Vertikal bisnis yang berfokus pada produk healthcare dan beauty. Di samping mengoperasikan jaringan ritel kosmetik asal Korea Selatan, The Face Shop, vertikal ini di akhir tahun lalu membentuk Joint Venture Partnership dengan Carings Pharmacy dari Malaysia untuk membuka Apotek Wellings di Indonesia.

“Erajaya Group melihat keragaman portfolio produk yang ditawarkan, terutama dari kategori smartphone dan ekosistemnya sehingga mampu meningkatkan margin Perseroan secara keseluruhan dan berimbas positif ke pertumbuhan gross profit margin dari 10% di 2020 menjadi 11,1% di 2021. Penambahan lini bisnis baru di atas akan didukung oleh asset, infrastruktur dan know-how untuk mencapai skala bisnis yang diharapkan guna menciptakan kinerja yang optimal.” tutup Hasan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Bisnis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.