Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Buka Rekening Bank Cukup dengan Menjentikkan Jari

Lani Darmawan – Direktur Consumer Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk

Marketing.co.idBerita Ekonomi | Melakukan transaksi perbankan ataupun buka rekening bank secara online sudah menjadi hal yang lumrah di masa kini. Tapi, layanan perbankan bagi sekitar 50% dari total penduduk dewasa Indonesia masih belum terjangkau. Setidaknya fakta tersebut yang dilaporkan oleh Global Findex 2017. Masih menurut laporan tersebut, jarak adalah alasan utama mengapa mereka tak memiliki rekening dan secara keseluruhan ada sekitar 60 juta jiwa penduduk dewasa belum memiliki rekening yang memiliki ponsel.

Peluang inilah yang sudah dilihat oleh CIMB Niaga sebelumnya dengan meluncurkan Rekening Ponsel pada tahun 2013. Layanan ini menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia selama mereka memiliki ponsel. Dengan layanan ini nasabah bisa mengakses layanan perbankan, termasuk buka rekening bank di mana saja, kapan saja, tanpa perlu buku tabungan dan kartu ATM.

Kemudahan Rekening Ponsel

Lani Darmawan, Direktur Consumer Banking PT. Bank CIMB Niaga mengatakan, “Uang Elektronik (UE) akan menjadi salah satu alat pembayaran dalam berbagai bidang menuju ‘cashless society’, khususnya UE berbasis server karena seiring semakin majunya teknologi, akan tercipta budaya penggunaan alat pembayaran tanpa menggunakan kartu.”

“Melihat perkembangan teknologi ponsel semakin maju, semakin membuka peluang berbagai pengembangan UE berbasis server seperti NFC, QR, dan lainnya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Rekening Ponsel berupaya memberikan layanan yang aman dan praktis. Ada dua metode untuk mendaftarkan akun Rekening Ponsel. Pertama, cukup dengan mendaftar secara online melalui Go Mobile atau aplikasi Bank CIMB Niaga yang bisa diunduh di Appstore atau Play Store. Nasabah yang mendaftar online mendapatkan status ‘unregistered’. Kedua, mendaftar di Kantor Cabang CIMB Niaga terdekat  dengan membawa ponsel yang akan didaftarkan, identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor/KITAS), mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran, lalu membuat user ID dan PIN untuk transaksi. Nasabah ini disebut ‘registered’.

Meskipun menjadi nasabah ‘unregistered’, nasabah yang mendaftar online tetap mendapatkan kemudahan, beberapa di antaranya yaitu pembelian pulsa ponsel  belanja di merchant, pembayaran tagihan biller yang bekerja sama dengan CIMB Niaga, terima transfer uang dan setor tunai di kantor cabang.

Adapun keuntungan lebih bagi nasabah registered yaitu transfer uang ke seluruh nomor ponsel di Indonesia (P2P),  transfer uang dari/ke semua bank di Indonesia, tarik tunai di Kantor Cabang CIMB Niaga, ATM, dan Agen LKD, limit saldo maksimal di Rekening Ponsel sebesar Rp 10.000.000 dan Rp1 juta untuk yang belum melampirkan KTP.

Rekening Ponsel dapat digunakan pada semua jenis operator ponsel dan dapat digunakan pada smartphone dan ponsel biasa, dapat langsung bertransaksi tanpa menggunakan kartu, dapat digunakan untuk transaksi setor tunai, tarik tunai, dan belanja di seluruh outlet Alfamart dan Indomaret.

Jaring nasabah dengan aneka fitur

Di tahun kelima sejak beroperasi, Rekening Ponsel terus berupaya menjaring nasabah dengan menambahkan fitur untuk memudahkan transaksi.

“Terus menambah fitur untuk memudahkan transaksi perbankan bagi nasabah Rekening Ponsel dengan memperbanyak kerja sama dengan merchant, dan biller. Belum lama ini, kami telah meluncurkan fitur QR yang dapat memudahkan melakukan pembayaran saat belanja online atau melalui EDC di toko-toko yang menggunakan EDC CIMB Niaga,” jelas Lani.

Kini, jumlah pengguna Rekening Ponsel 3,6 juta per 30 September 2018, dengan rata-rata jumlah transaksi finansial mencapai 3 juta perbulan. Jenis transaksi yang kerap digunakan nasabah adalah tarik tunai di ATM tanpa kartu dan belanja di merchant.

“Saat ini pengembangan Rekening Ponsel sedang fokus menjadi salah satu sumber dana untuk melakukan pembayaran di berbagai aplikasi klien,” pungkas Lani.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top