Sign in
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
Sign in
Welcome!Log into your account
Forgot your password?
Password recovery
Recover your password
Search
LogoNewsPaper
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Thursday, November 13, 2025
Sign in / Join
  • Tentang Kami
  • Info Berlangganan
  • Pemasangan Iklan
  • Hubungi Kami
Instagram
Linkedin
TikTok
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
More
    LogoNewsPaperthe art of publishing
    Home DIGITAL & TECHNOLOGY Rebranding DG Esports Jadi Kagendra, Bukan Sekadar Tim Esports
    • DIGITAL & TECHNOLOGY

    Rebranding DG Esports Jadi Kagendra, Bukan Sekadar Tim Esports

    By
    Cecep Supriadi
    -
    January 16, 2023
    0
    Kagendra bukanlah sebuah tim esports yang hanya fokus meraih prestasi di setiap kompetisi, melainkan sebuah entitas yang berkomitmen dalam membuka peluang lebih luas bagi talenta lokal untuk berkembang yang akan berdampak positif pada ekosistem esports dan gaming Indonesia
    [Reading Time Estimation: 3 minutes]

    Kagendra bukanlah sebuah tim esports yang hanya fokus meraih prestasi di setiap kompetisi, melainkan sebuah entitas yang berkomitmen dalam membuka peluang lebih luas bagi talenta lokal untuk berkembang yang akan berdampak positif pada ekosistem esports dan gaming IndonesiaKagendra bukanlah sebuah tim esports yang hanya fokus meraih prestasi di setiap kompetisi, melainkan sebuah entitas yang berkomitmen dalam membuka peluang lebih luas bagi talenta lokal untuk berkembang yang akan berdampak positif pada ekosistem esports dan gaming Indonesia

    Marketing.co.id – Berita Digital | Dunia Games Esports (DG Esports) berganti nama menjadi Kagendra. DG Esports merupakan tim esport yang sudah berdiri sejak Desember 2017.

    Perubahan nama tersebut dilakukan karena Kagendra sudah menjadi entitas baru yang memiliki visi dan misi yang semakin kuat untuk memimpin perkembangan industri esport di Indonesia. Kagendra terbentuk sebagai wujud komitmen Telkomsel melalui unit bisnis Dunia Games dalam mendukung kemajuan industri esport dan gaming di Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan.

    Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, pergantian nama tim DG Esport menjadi Kagendra dan menjadikannya sebagai entitas tersendiri merupakan wujud komitmen Telkomsel sebagai society enabler yang akan terus memperkuat ekosistem esport Indonesia melalui penyelenggaraan kejuaran Dunia Games, mulai dari tingkat regional maupun nasional, guna membuka peluang yang lebih luas bagi seluruh talenta esport Tanah Air dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki.

    “Tim Kagendra akan menjadi wadah dalam mencari, merekrut, dan mengembangkan talenta esport untuk menjadi pemain terbaik di Indonesia,” ujarnya.

    Sementara itu, Head of Esports Kagendra Dio Agung Wijanarko menjelaskan bahwa nama Kagendra diambil dari Bahasa Sanskerta yang berarti raja burung. Sesuai dengan namanya, logo Kagendra terinspirasi dari lambang Garuda Pancasila yang mengandung empat nilai utama, yaitu kemuliaan yang diwakilkan melalui warna emasnya, keberanian yang ditunjukkan dari rentangan sayapnya, hingga kebajikan dan kebenaran yang ditunjukkan dengan arah kepala yang menghadap ke kanan.

    “Tahun ini merupakan tahun perdana kami mengenalkan diri sebagai Kagendra, pemain lama tapi wajah yang baru kepada publik. Kagendra secara khusus merupakan tim esport yang akan berfokus secara berkelanjutan dalam memberdayakan dan mengembangkan kapabilitas maupun skill talenta-talenta esport Indonesia.”

    “Kami secara proaktif akan menjadi rumah bagi talenta-talenta esport berbakat untuk menjadi atlet esport profesional yang dapat memberi dampak positif pada kemajuan dan perkembangan industri esport dan gaming di Indonesia,” ujarnya.

    Targetkan juara turnamen AOV dan CODM 2023

    Memasuki tahun 2023, tim-tim esport Tanah Air tengah bersiap untuk bersaing menjadi juara di berbagai kompetisi maupun turnamen esport, mulai dari Arena of Valor (AOV) Call of Duty Mobile (CODM), PUBG Mobile, Free Fire dan Mobile Legends Bang-Bang (MLBB). Kagendra sendiri sedang bersiap dan sudah membidik target juara terutama di dua kompetisi esport yaitu AOV dan CODM.

    Saat ini Kagendra memiliki tim yang terbagi ke dalam lima divisi, di antaranya AOV, CODM, PUBG Mobile, Free Fire dan MLBB, dan sudah menjadi rumah bagi 30 atlet esports Indonesia yang beberapa di antaranya telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Muhammad Fikri Alief Pratama adalah salah satunya.

    Atlit esport yang biasa dikenal sebagai DG.Reeva tersebut merupakan pemain Timnas Rajawali yang turut menghantarkan Indonesia meraih perak di SEA Games Vietnam 2021 dalam cabang olahraga esport Free Fire.

    Berbagai torehan prestisius juga berhasil diraih Kagendra, di antaranya menduduki 1st Place Major Series (Season 3,4 & 7) untuk CODM, 7th Place CODM World Championship, serta menjadi finalis kompetisi Free Fire Asia Championship, Arena of Valor Premier League, dan Arena of Valor International Championship.

    ”Dengan berbagai persiapan, langkah strategis yang telah ditentukan di awal tahun ini, serta berbekal talenta terbaik, kami optimis Kagendra dapat menjadi tim esports yang solid, kompak, dan mampu meraih torehan positif yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Lebih dari itu, Kagendra bukanlah sebuah tim esports semata yang hanya berfokus dalam meraih prestasi di setiap kompetisi, melainkan sebuah entitas yang berkomitmen dalam membuka peluang lebih luas bagi talenta lokal untuk berkembang yang akan berdampak positif pada ekosistem esports dan gaming Indonesia,” pungkas Nirwan.

     

    • TAGS
    • DG Esports
    • eSport
    • featured
    • gaming
    • logo
    • prime
    • rebranding
    • telkomsel
    Previous articleMulai dari 5G hingga Metaverse, Berikut 5 Tren Keamanan Siber 2023 Yang Harus Anda Perhatikan
    Next articleTren Bleisure dan Flexcation Meningkat, Pelanggan Korporat OYO Naik 237%
    Cecep Supriadi
    Cecep Supriadi
    https://marketing.co.id/
    Facebook

    LEAVE A REPLY Cancel reply

    Log in to leave a comment

    Free Download

    Edisi OKTOBER 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    TERKINI

    • AI Bikin Agen Contact Center Semakin Stres? Begini Fakta di Baliknya November 13, 2025
    • OpenAI Bayar AWS USD 38 Miliar Demi Masa Depan ChatGPT November 13, 2025
    • 10 Langkah Jadi Storyteller Andal untuk Bisnis Anda November 13, 2025
    • 5 Strategi Menjadi Pemimpin Adaptif di Era Digital November 13, 2025
    • [Lengkap] Strategi Layanan Pelanggan yang Bikin Bisnis Anda Naik Kelas November 13, 2025
    • Cepat Boleh, Tapi Jangan Hilangkan Sentuhan Manusia! November 13, 2025
    • 4 Alasan AI Kian Populer Dalam Pemasaran Digital November 13, 2025
    • Mengapa Jangkauan Luas TV Lebih Ampuh dari Hyper-Targeting? November 12, 2025
    • Ganti Oli Makin Seru dengan Program Hadiah Mobil Lubricants November 12, 2025
    • Menyentuh Emosi Pelanggan Lewat Panca Indra, Sains di Balik Sensory Marketing November 12, 2025

    EDITOR PICKS

    Kenapa Komunikasi Harus Jadi Bagian dari Strategi Bisnis? Berikut Alasannya

    November 10, 2025

    Indosat Blokir 200 Juta Panggilan Spam Sejak Agustus

    November 10, 2025

    Nilai Transaksi Harian Tembus Rp500 Juta, Ini Rahasia Sukses Toco Indonesia

    November 7, 2025

    POPULAR POSTS

    Propan Raya dan UK Petra Bangkitkan UMKM Mebel Jatim Lewat Pameran “Karya Anak Bangsa”

    November 10, 2025

    3 Strategi AI Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

    November 11, 2025

    DataOn Dorong Transformasi HR Digital di Ajang The 15th Annual HR Conference 2025

    November 8, 2025

    Free Download

    Edisi November 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    Logo Marketing.co.id

    ABOUT US

    Marketing.co.id adalah sebuah portal berita dan info marketing yang mengusung tagline Portal Berita Marketing & Bisnis No. 1 bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, belajar, diskusi, serta sharing tentang dunia marketing.

    Email: redaksi@marketing.co.id
    Email: redaksi@majalahmarketing.com
    WhatsApp: 0811 1922 9999

    FOLLOW US

    Instagram
    Linkedin
    TikTok

    © marketing.co.id | 2025

    • Tentang Kami
    • Info Berlangganan
    • Pemasangan Iklan
    • Hubungi Kami