Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Realme, Merek Smartphone dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology |realme baru saja merilis laporan semester I di tahun 2020. Melalui laporannya, realme menunjukan pertumbuhan sebesar 11% pada Q2 2020, menjadikannya sebagai satu-satunya merek dengan hasil angka positif dua digit dan merek smartphone tercepat yang berkembang di dunia selama empat kuartal berturut-turut oleh Counterpoint. Pada Q1, Counterpoint juga melaporkan bahwa realme menjadi satu dari dua merek yang mencatat pertumbuhan positif dengan angka 157% year-on-year (YoY).

Baca Juga: Jawara Baru Smartphone Mid-Range

Menurut Counterpoint Research dan IDC, berdasarkan dari data angka penguna, realme juga mendapatkan 15 juta pengguna baru di seluruh dunia pada paruh pertama tahun 2020. Pada awal Mei tahun ini, jumlah pengguna global realme melebihi 35 juta, kemudian meningkat dari 5 juta dalam dua bulan menjadi 40 juta pengguna hingga saat ini. realme bahkan berencana meraih 100 juta penjualan smartphone-nya dalam 2 hingga 3 tahun ke depan.

Pada awal Januari, realme telah memasuki 27 negara di dunia. Hanya dalam setengah tahun, realme melakukan ekspansi bisnis dengan cepat hingga saat ini mencapai 59 negara di luar Amerika Utara dan berada di peringkat lima besar di berbagai segmen pasarnya.

Baca Juga: Smartphone Bekas Disulap Jadi Medali Olimpiade

Di India, realme telah bertahan di peringkat lima teratas. realme berhasil menjadi Top 4 di pasar Mesir dalam waktu kurang dari satu tahun setelah memasuki negara tersebut. Di Asia Tenggara, realme berhasil menjadi Top 5 smartphone brand dalam waktu singkat. Di Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Myanmar, realme menjadi Top 5 smartphone brand masing-masing hanya dalam waktu satu tahun.

Bahkan di Kamboja, realme berhasil menjadi Top 5 smartphone brand hanya dalam waktu 1 kuartal dan pada kuartal pertama 2020, realme juga berhasil berada di peringkat 5 teratas di pasar Thailand. Negara-negara tersebut menjangkau lebih dari 80% pasar smartphone di Asia Tenggara dan realme telah menjadi pemain terkemuka di Asia Tenggara.

realme secara kompetitif juga turut meramaikan pasar 5G dengan meluncurkan realme X50 Pro dan menjadikannya smartphone 5G pertama di India dan Thailand, serta di Kamboja dengan harga dibawah 1.000 USD.

Pada tahun 2020, realme menerapkan strategi ‘Smartphone + AIoT’. Terlepas dari kondisi ekonomi yang menantang di era pandemi, realme telah berhasil meluncurkan berbagai produk AIoT di tahun 2020 dan akan menargetkan lebih dari 100 produk AIoT pada tahun mendatang. Pada Q1 2020, meskipun menjadi pendatang baru pasar audio di India, realme berhasil membuktikan kualitas produknya dan menduduki posisi ketiga menurut laporan sebuah perusahaan riset, Canalys.

Untuk menggapai tujuan menjadi merek AIoT dengan pertumbuhan tercepat di dunia, realme mendefinisikan strategi AIoT mereka di tahun 2020 dengan “1+4+N”. Strategi ini akan membantu realme untuk menambahkan portofolio pada produk smartphone dan AIoT yang mengacu pada satu produk inti yaitu smartphone yang dilengkapi oleh empat kelompok utama perangkat AIoT pendukung gaya hidup seperti speaker, earphone, TV, dan jam tangan pintar hingga produk “N” berupa aksesoris pintar lainnya.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top