Marketing.co.id – Berita Marketing | InMobi merilis laporan terbaru pada 07/02/2023, yaitu “Ramadan 2023 at a Glance” yang menganalisis ekspektasi dan kebiasaan konsumen Indonesia seputar Ramadan, memberikan wawasan bagi brand yang ingin menyempurnakan strategi pemasaran seluler mereka selama bulan suci ini.
Indonesia memiliki jumlah Muslim terbanyak di dunia, sekitar 229 juta orang. Ini membuat Ramadan menjadi salah satu perayaan paling besar di negara ini. Selama bulan Ramadan, belanja konsumen cenderung meningkat, termasuk untuk membeli oleh-oleh, tiket perjalanan, dan saat berbuka puasa. Persiapan untuk merayakan Idul Fitri juga memicu hasrat belanja konsumen yang ingin merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan.
Laporan InMobi mengungkapkan bahwa konsumen di Indonesia akan mempertahankan tren beriklan mereka, dengan rencana kenaikan belanja Ramadan di tahun 2023, seiring konsumen yang berangsur-angsur mengalami pemulihan menuju normal. Sekitar 60% responden berencana membelanjakan setidaknya Rp 3 juta untuk Ramadan tahun ini, naik dari 56% pada 2022. Selain itu, kebiasaan mobile-centric yang dikembangkan selama pandemi COVID-19 terus berlanjut, terutama dengan 98% responden memilih untuk mengeksplorasi penawaran, produk, dan brand untuk Ramadan di perangkat seluler (mobile) dan 56% lebih memilih seluler sebagai saluran pembelian utama mereka.
“Setiap tahun, kemeriahan bulan Ramadan memicu gelombang aktivitas belanja yang masif di Indonesia, dan kami memperkirakan akan terjadi lonjakan tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang kurang terdengar. Menariknya, ponsel tetap dominan sebagai saluran pilihan untuk berbelanja, hiburan, dan bahkan kegiatan keagamaan di antara konsumen meskipun pembatasan perjalanan dan pertemuan fisik dilonggarkan,” kata Rishi Bedi, Managing Director, Asia Pasifik di InMobi. “Dengan demikian, brand harus terus secara proaktif memaksimalkan visibilitas dan jangkauan mereka untuk menargetkan segmen konsumen di platform digital ini dan lainnya.”
Laporan ini membagikan wawasan tambahan tentang preferensi belanja konsumen selama Ramadan, serta perilaku pembelian dan penggunaan seluler lainnya:
• 72% responden adalah Penjelajah Kategori yang menghabiskan waktu merencanakan dan meneliti pembelian mereka secara online – dengan 31% memulai penelusuran satu bulan sebelum Ramadan.
• 1 dari 3 total unduhan aplikasi di Indonesia adalah aplikasi belanja, dengan puncak unduhan terjadi pada dua bulan sebelum Ramadan.
• Responden paling aktif menggunakan ponsel mereka pada sore dan malam hari, dengan lonjakan aktivitas seluler terlihat sebelum sahur dan setelah buka puasa .