Marketing.co.id – Berita Marketing | Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa Hari Pelanggan Nasional bukan saja perayaan untuk mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada pelanggan, tetapi juga momen refleksi bagi BCA bahwa seberapa jauh BCA dapat mengerti dan memenuhi kebutuhan nasabah.
“Kami sadar betul bahwa kepercayaan dan loyalitas nasabah BCA adalah faktor penting yang memungkinkan kami untuk tetap melayani selama 66 tahun,” ungkap Jahja Setiaatmadja di sela-sela perayaan Hari Pelanggan Nasional 2023 di BCA KCU City Tower, Jakarta, Senin (4/9).
Sebagai perbankan nasional, BCA memegang teguh filosofi “Customer First”, yang menjadikan setiap nasabah sebagai fokus perhatian dari layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh, beragam inovasi digital yang dilakukan BCA selalu dilakukan dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan nasabah yang beragam, baik kebutuhan di masa kini maupun proyeksi kebutuhan nasabah di masa mendatang.
Filosofi “Customer First” ini kemudian menjadi semangat dari lahirnya beragam inovasi digital yang kini sudah banyak dimanfaatkan nasabah. Salah satu best practice adalah diperkenalkannya fitur pembukaan rekening online pada BCA mobile tepat satu tahun sebelum pandemi, dan hingga hari ini masih diandalkan nasabah di era digital ini. Hingga Juni 2023, jumlah rekening nasabah mencapai 37,6 juta, tumbuh 19,4% YoY, utamanya ditopang oleh pembukaan rekening online yang mencapai 66% dari total rekening individu yang dibuka pada semester I 2023.
Selain terus mempertajam fitur aplikasi BCA mobile dan internet banking (KlikBCA), BCA juga memiliki inisiatif digital lainnya seperti aplikasi myBCA sebagai milestone pengembangan aplikasi pelayanan terintegrasi di masa depan.
BCA terus menambahkan sejumlah fitur di myBCA untuk meningkatkan kenyamanan bertransaksi nasabah, di antaranya kontrol kartu debit, kontrol kartu kredit, fitur cardless untuk melakukan tarik dan setor tunai tanpa kartu di ATM BCA, hingga pembayaran tagihan kartu kredit. Inovasi ini memperkaya layanan myBCA setelah sebelumnya BCA mengintegrasikan layanan wealth management melalui fitur (WELMA), serta memperkenalkan beberapa fitur seperti login biometrik, “Bayar dan Isi Ulang”, transfer valas, hingga top up kartu flazz. myBCA dan BCA mobile akan berjalan bersamaan ke depan untuk memberikan solusi komprehensif layanan perbankan bagi nasabah.
Selain layanan digital, BCA menilai kehadiran kantor cabang masih memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Tidak seluruh transaksi dapat digantikan sepenuhnya dengan digital, sehingga petugas frontliners, baik yang melayani transaksi hingga satpam, terus dikembangkan untuk memberikan layanan yang paling optimal untuk nasabah.
Secara keseluruhan, BCA secara konsisten mengusung konsep “hybrid banking” untuk senantiasa melayani nasabah yang bertumbuh, baik di ekosistem online maupun offline. Hingga Juni 2023, BCA memiliki 1.251 kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 80% di antaranya telah menerapkan inovasi perangkat dan aplikasi pendukung digital. Sebagai informasi, transformasi cabang BCA menjadi cabang digital telah dilakukan sejak 2018, di mana mesin dan aplikasi digital dapat digunakan oleh nasabah secara mandiri dan didukung dengan teknologi terkini.
Transformasi menjadi cabang digital ini dilengkapi dengan pengembangan karyawan di kantor cabang yang lebih berfokus pada hubungan (relationship) dengan nasabah, dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih bersifat personal. Transformasi cabang digital dan peningkatan relationship dengan nasabah akan menjadi dua pilar utama dalam pengembangan layanan BCA di kantor cabang.
Perpaduan inovasi teknologi dan layanan yang berkualitas mengantarkan BCA untuk mencatat total volume transaksi yang terus tumbuh secara konsisten, mencapai 14,3 miliar di semester I 2023 atau naik 27,2% YoY. Kanal mobile banking mencatat kenaikan volume transaksi tertinggi, yakni tumbuh sebesar 44,0% YoY.
Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, BCA juga meneruskan apa yang perseroan dapatkan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan Bakti BCA, seperti program pemberian beasiswa, program BCA Berbagi Ilmu, pelepasliaran orang utan dan tukik, program pencegahan stunting, bakti sosial operasi katarak, donor darah, hingga pembinaan berkelanjutan untuk 15 desa wisata binaan dan 12 desa mitra.
“Kegiatan Bakti BCA bisa dikatakan sebagai program pay it forward atau wujud apresiasi kami atas kepercayaan yang diberikan nasabah dengan menyalurkannya kembali ke masyarakat. Lewat Bakti BCA, kami terus berkomitmen memberikan nilai tambah kepada masyakarat dan lingkungan serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” tutup Jahja Setiaatmadja.
Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, jajaran direksi BCA secara khusus memberikan pelayanan langsung kepada nasabah di tiga lokasi sekaligus yakni di KCU City Tower, KCU Tangerang City, dan KCU Depok. Jajaran direksi yang terlibat meliputi Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Haryanto Budiman, dan Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono pada masing-masing KCU.