Dunia Digital

Ramadhan, Penggunaan Media Sosial di Jaringan Telkomsel Naik 24%

Jakarta – Dalam kurun waktu 20 hari pertama di bulan Ramadan 1439 Hijriyah, pelanggan Telkomsel semakin aktif menggunakan layanan data. Rata-rata pelanggan mengonsumsi 134 MB layanan data setiap harinya pada bulan Ramadan atau meningkat sekitar 23% dibandingkan hari biasa. Penggunaan layanan data didominasi pemakaian media sosial yang meningkat 24% dibandingkan hari biasa.

Media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data di jaringan Telkomsel dengan 35,3%, diikuti video streaming (31%), layanan pesan instan (12,8%), berbagai layanan Google (7,3%), dan games (2,4%).

Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama Ramadan tahun ini adalah YouTube yang berkontribusi terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 25,2%, diikuti Instagram (18,6%), Facebook (15,8%), WhatsApp (11,3%), dan Google (7,3%).

“Kami telah menyiagakan jaringan berkualitas untuk memfasilitasi perilaku pelanggan yang semakin aktif untuk berinteraksi di media sosial maupun menggunakan layanan digital lainnya saat Ramadan,” tutur General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pengguna layanan data, di mana 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G. Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018 didukung lebih dari 167.000 BTS di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 35.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

jaringan telkomsel

Sesi tanya jawab dengan awak media bersama jajaran Direktur Telkomsel untuk mengetahui sejauh mana persiapan jaringan Telkomsel dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. Telkomsel selain siaga memperkuat jaringan, juga menyediakan posko-posko di beberapa Rest Area strategis yang dilewati oleh pemudik. Foto: Majalah MARKETING/Lialily

Sementara untuk menghadapi mudik lebaran tahun ini, Telkomsel menjadikan tol sebagai fokus pengamanan jaringan Telkomsel. Sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

“Di setiap rest area harus cukup capacity nya. Di setiap gerbang tol dipastikan terjadi penumpukan, karena itu BTS diperkuat di sini,” tutur Ririek Ardiansyah Direktur Utama Telkomsel, dalam jumpa pers di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut Ririek juga menjelaskan belum rampungnya registrasi Simcard pelanggan Telkomsel. Salah tantangannya banyaknya pelanggan Telkomsel yang tinggal di pedalaman, seperti di Papua sehingga menyulitkan proses registrasi.

“Kita sudah informasikan lewat SMS dan kasih hadiah supaya registrasi, tapi rupanya tidak mempan. Diblok layanan voice susah, diblok layanan datanya baru mau mendaftar,” tandas Ririek seraya mengatakan Telkomsel sudah banyak berkorban terkait registrasi Simcard pelanggan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top