Trik Menjadi Top of Mind di Bulan Ramadan

GetCRAFT Indonesia

Marketingcoid –  Meningkatnya konsumsi media digital salama Ramadan memberikan peluang bagi merek untuk menjangkau audiens seluas mungkin. Namun, menurut GetCRAFT, selain menjadi kesempatan emas, momen bulan puasa juga menjadi tantangan bagi merek untuk terhubung lebih erat dengan pelanggan dan meraih perhatian mereka sejak awal.

“Di saat Ramadan, terjadi tren peningkatan pembelian. Namun, penting diingat bahwa bulan yang suci ini merupakan momen merefleksikan diri dan juga mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Bagi merek yang akan menjalankan kampanye selama Ramadan ini tentunya perlu mengingat hal tersebut guna menjangkau audiens dengan konten yang relevan”, ujar co-founder dan CEO GetCRAFT Indonesia, Anthony Reza.

Menurut Reza, pelanggan saat ini mencari konten yang relevan dengan minat dan momen dalam kehidupan mereka. Memahami perilaku pelanggan, menjangkau dengan konten yang tepat, dan menyampaikannya pada momen terbaik penting bagi merek untuk menjadi top of mind”, lanjut Reza.

Dalam rangka persiapan hari raya Idul Fitri, pada 26 April 2018, GetCRAFT kembali menghadirkan acara Jakarta Content Marketing Meetup  bertajuk Winning Your Customer in the Ramadan Season. Acara ini turut menghadirkan perwakilan dari Google Indonesia, Kompascom, PT Paragon Technology and Innovation, dan All Stars.

Hasil riset Google Insight on Ramadan 2017 menunjukkan terjadinya peningkatan konsumsi diranah digital dan perubahan pola konsumsi. Saat bulan puasa, waktu yang dihabiskan online lebih tinggi dibandingkan dengan periode lainnya. Hal lain yang ditemukan selama Ramadan adalah terjadinya peningkatan penelusuran konten di YouTube terkait dengan religi, makanan, kecantikan, pariwisata, musik dan hiburan. Peningkatan konsumsi digital terjadi dua pekan sebelum Ramadan, dan mulai menurun pada pekan perayaan Idul Fitri.

Tidak sedikit merek di Tanah Air yang menghadirkan kampanye dengan memanfaatkan momentum Ramadan ini. “Konten yang bersifat relevan, membanggakan, inspiratif dan aktual diminati para pembaca. Orang cenderung menolak hal yang memaksa dan tidak natural, jangan berusaha berubah ketika Ramadan tetapi masukkan nilai-nilainya”, ujar Editor in Chief Kompas.com, Wisnu Nugroho. 

Sementara itu, Marketing Director PT Paragon Technology and Innovation Putri Paramita mengatakan, kunci menuju kampanye pemasaran konten yang sukses adalah dengan mengenali merek Anda, kenali audiens dan relevansi. “Rencana strategi pemasaran yang menyeluruh tentu harus dipersiapkan secara matang. Kunci untuk kampanye yang sukses adalah tidak mengulang resep yang sama, be as creative as you can.” Tegasnya.

The Jakarta Content Marketing Meetup merupakan sebuah acara bulanan yang bertujuan menjadi wadah dan tempat berkumpulnya merekagensi, para pelaku serta pebisnis industri kreatif untuk membahas tren terbaru dalam lanskap media dan pemasaran Indonesia. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.