Marketing.co.id – Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang begitu luas dan masif bagi tatanan dunia bisnis hampir di segala aspek, tak terkecuali tren belanja selama Bulan Ramadan lalu. Produk fesyen dan kecantikan yang umumnya paling banyak diburu jelang lebaran. Kini permintaannya mulai menurun.
Berdasarkan data internal Tokopedia menyebutkan bahwa kategori Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Kesehatan dan Elektronik menjadi empat kategori paling populer selama Ramadan.
Pada kategori Makanan dan Minuman, buah kurma, olahan daging, buah-buahan seperti jeruk dan alpukat, hingga kopi kemasan merupakan produk yang paling banyak dibeli.
“Selain berburu kopi, berkebun juga menjadi kegiatan yang sangat digemari masyarakat di tengah PSBB selama Ramadan. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga,” kata Nuraini Razak VP of Corporate Communications Tokopedia.
Selama Ramadan lalu yang kebetulan berada di tengah PSBB, pola masyarakat dalam bekerja hingga mencari hiburan pun cenderung bergeser. Data internal Tokopedia memperlihatkan kategori Elektronik, earphone, lampu bohlam dan speaker adalah produk yang paling diburu.
Selain itu, kategori Kesehatan masih menjadi salah satu kategori yang meningkat signifikan. Produk paling diminati mencakup vitamin, peralatan P3K dan masker mulut. Tokopedia sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan para desainer lokal untuk mengampanyekan penggunaan masker kain untuk menekan laju penyebaran pandemi Covid-19.
Imbauan PSBB di sisi lain mendorong masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk dalam membayar tagihan listrik. Jumlah tagihan listrik yang tercatat dibayarkan melalui Tokopedia bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik lebih dari 3,5 juta rumah selama satu bulan.
Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis