Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Raih Pendanaan USD10 Juta, EventX Ingin Perluas Bisnis ke Indonesia

Co-founder dan CEO EventX Sum Wong Marketing.co.id – Berita Digital | EventX, perusahaan manajemen acara virtual yang berbasis di Asia, telah menutup pendanaan seri B senilai US$10 juta yang dipimpin bersama oleh HTC dan Gaocheng Capital.

Kemampuan unik EventX, mencakup dukungan untuk kegiatan acara di Asia (China dan lintas batas negara), juga telah berhasil mendapatkan kontrak kerjasama dari ratusan acara terbesar di dunia dari perusahaan pemain industri terkemuka, termasuk Alibaba, PwC, GL Events, Informa, Reed Exhibition, Yahoo, sektor pemerintah, universitas dan lainnya.

Dengan jumlah dana yang telah diraup, EventX ingin memperluas bisnis ke Indonesia dengan menyediakan layanan dukungan untuk perusahaan yang menargetkan konsumen serta perluasan bisnis ke China.

EventX telah memposisikan diri sebagai platform acara virtual terkemuka di Asia, terutama di China, di mana perangkat desainnya yang unik mampu mengatasi firewall internet sehingga dapat menghadirkan layanan acara lintas wilayah.

Sementara itu, HTC VIVE juga telah mendapatkan banyak pengakuan atas riset dan kemajuannya dalam penelitian dan pengembangan VR. Dengan menggabungkan pengetahuan dari dua pelopor digital yang dihormati ini, berbagai pengalaman unik akan terus dikembangkan.

Pembentukan kerjasama strategis dan tingginya antusiasme para investornya sejalan dengan kinerja yang luar biasa oleh EventX dalam setahun ini — di mana perusahaan telah mencapai pertumbuhan pengguna lebih dari 800% yoy — dan menjaga kepuasaan lebih dari 5 juta pengguna dari 20.000 acara online, hybrid, dan offline yang terselenggara.

Pandemi Covid-19 secara drastis telah membatasi perjalanan dan aktivitas konsumen di ruang publik yang berdampak besar pada industri event. Diperkirakan bernilai lebih dari $ 1 triliun per tahun sebelum Covid dan setelahnya.

Covid-19 secara permanen telah mengubah pelaksanaan event industri dan profesional. Hal ini mengakibatkan meningkatnya perhatian pemodal ventura untuk mengalirkan modal besar ke industri teknologi acara virtual.

Perusahaan sejenis di Inggris bernama Hopin telah mengumpulkan $565 juta dan bernilai USD5,65 miliar hanya dalam dua tahun, menjadikannya startup dengan pertumbuhan tercepat di Eropa sampai saat ini.

EventX adalah pemain yang sedang naik daun di ruang acara virtual dan hybrid yang berfokus di kawasan Asia. Dengan kemampuan unik yang dapat diakses di China serta didukung oleh kerjasama dengan HTC VIVE, EventX akan mengadopsi teknologi VR dan prospeksi ke dalam kemampuan inti produk SaaS acara untuk lebih mudah diakses dan dapat merumuskan ulang pengalaman acara virtual.

Sebagai langkah pertama, pelopor ini akan merilis platform lite acara virtual dan terbuka untuk LSM, UKM, dan Startup untuk ikut berpatisipasi dan mencoba mengelola langsung acara virtual secara gratis.

Co-founder dan CEO EventX Sum Wong mengatakan, “Ruang kerja virtual dan acara virtual akan menjadi norma baru. Pembentukan kerjasama ini akan menghasilkan sinergi yang mendalam antara keahlian yang kami miliki dan karya terobosan HTC VIVE di ruang VR. Kolaborasi ini akan mendukung EventX untuk menghadirkan pengalaman acara virtual dan hybrid yang benar-benar baru dan lebih menarik serta interaktif. Sebagai salah satu pemimpin industri acara, EventX akan terus mengeksplorasi kemungkinan baru, mempopulerkan aplikasi, dan menciptakan kebutuhan pengguna.”

EventX akan berinvestasi besar-besaran dalam menciptakan inovasi produk untuk mempimpin pemulihan industri acara pada saat situasi pandemi seperti ini, yang mana upaya ini tidak hanya akan menstabilkan dan memperkuat layanan acara virtual tetapi juga membuka peluang baru untuk industri pemasaran dan acara.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top