Raih Donasi Rp 2 Milyar, Kampanye Crowdfunding Masjid Chiba Jepang Cetak Rekor Baru

Penggalangan dana secara online (crowdfunding) di Indonesia memasuki babak baru. Kampanye “kitabisa.com/masjidchibajepang” berhasil mengumpulkan donasi lebih dari 2 Milyar, menciptakan rekor baru kampanye crowdfunding online terbesar di Indonesia. Rekor sebelumnya dipegang kampanye Kitabisa.com/tristanalif yang diinisiasi oleh Rhenald Kasali & Andrinof Chaniago dan berhasil mengumpulkan total dana Rp.879 juta untuk beasiswa pendidikan bola bagi Tristan Alif yang dijuluki “Messi Indonesia”.

Kampanye crowdfunding untuk Masjid di Chiba ini berawal dari komunitas muslim Indonesia di Chiba (Jepang) yang bertahun-tahun menyewa tempat untuk beribadah. Tahun ini mereka mencoba membeli gedung untuk dijadikan masjid. Adapun, batas akhir pelunasan 20 September 2016, jika tidak lunas uang muka akan hangus. Mereka kemudian melakukan berbagai cara untuk menggalang dana hingga akhirnya memulai kampanye di Kitabisa.com. Dengan bantuan para netizen, laman tersebut telah di-share ribuan kali dan menjangkau jutaan melalui sosial media.

Alfatih Timur CEO Kitabisa.com, meyakini rekor pencapaian crowdfunding online di Indonesia akan terus tumbuh seiring dengan peneterasi internet yang berdampak pada market size situs yang dia dirikan pada tahun 2013 tersebut.

tampilan-kampanye-masjid-chiba-jepang-hingga-8-september-2016

“Saya meyakini berdonasi secara online akan menjadi tren seiring dengan waktu. Mereka yang ingin menyalurkan dana kini bisa dengan mudah memilih kampanye apa saja yang ingin mereka dukung dalam satu klik,” tutur Alfatih.

Dia menambahkan, Kitabisa.com memberikan pengalaman donasi semudah berbelanja online, dengan sistem pelaporan yang jelas dan transparan, banyak pilihan pembayaran, dan donatur bisa mendapatkan update terkini tentang penggunaan dana melalui email.

Hingga saat ini Kitabisa.com telah mengumpulkan donasi Rp 30 miliar dengan lebih dari 2000 kampanye. Siapapun bisa menggalang dana di Kitabisa.com, mulai dari biaya medis, memberikan beasiswa, membangun rumah ibadah, dan lain-lain. “Tinggal buka website kami dan klik tombol ‘galang dana’. Kami berusaha membuat proses galang dana menjadi lebih transparan dan viral”, tambah Alfatih.

Hingga Kamis (8/9) sudah terkumpul Rp.2.109.700.057 dari 4000 donatur untuk Kampanye kitabisa.com/masjidchibajepang. Mayoritas donatur adalah masyarakat Indonesia sendiri yang melihat Facebook post dari kitabisa yang di-share ribuan orang.

Sebagian kecil donatur dari diaspora Indonesia di berbagai negara. Kampanye ini akan terus berjalan hingga tanggal 20 September. Siapapun yang tertarik untuk berdonasi bisa langsung mengunjungi kitabisa.com/masjidchibajepang dan klik tombol “Donasi Sekarang”, dari sana akan muncul nomor rekening yang bisa ditransfer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.