Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Programmatic Ads Re-Engage Retailer Visitors

Pemilik brand dari produk dan mempunyai toko ritel (offline) di beberapa mal bahkan memiliki gerai sendiri, adalah sebuah prestasi dalam hal cakupan pasar (market share). Salah satu brand pakaian wanita terkemuka di Indonesia ingin fokus pada pemasaran digital sebagai strategi utama untuk mempromosikan brand dan produk mereka. Dengan sebuah brand yang sudah meraih awareness dari masyarakat dan toko ritel yang tersedia di beberapa mal di kota besar Indonesia, mereka menyadari jika untuk memulai fokus pada digital tidak bisa hanya mengandalkan media sosial atau marketplace saja. Terlebih lagi mereka tidak memiliki alat untuk mengukur hasil dan membuat keputusan bisnis secara tepat. Dengan fokus pada pemasaran digital, solusi yang dibutuhkan adalah solusi hemat biaya yang akan selalu memberikan insider wawasan bisnis dan juga hasil, khususnya peningkatan konversi penjualan mereka sebesar 20%–30%.

Programmatic Ads Re-Engage Retailer Visitors

 

Hal ini dimulai dengan membangun sebuah media channel yang independen, yaitu dengan memiliki e-commerce brand tersendiri dan tersedia secara responsif baik dalam tampilan desktop ataupun mobile. Konten informasi produk-produk dan informasi harga adalah yang terpenting untuk dicantumkan pada e-commerce. Agar lebih menarik, perlu adanya content management strategy untuk selalu update ditambah konten menarik seputar promo atau diskon potongan harga.

Guna lebih efektif fokus pada digital, terutama untuk customer zaman now yang bertipe “a shopper across multiple platforms”, sudah tepat jika memiliki e-commerce dengan brand secara independen. Selanjutnya pada tahap pemasaran digital, cara menarik perhatian calon customer ialah dengan menentukan segmen tertentu (niche), kategorisasi media tertentu, dapat diukur secara transparan, dimonitor secara real-time, dan juga memilih solusi pemasaran hingga konversi penjualan produk-produk pada e-commerce yang baru saja dibangun, dengan menggunakan programmatic advertising.

Bersama dengan programmatic advertising ASCOPE Ad Exchange melalui fitur ReTargeting, mereka berhasil mendapatkan customer baru di berbagai platform baik dari desktop browser atau mobile browser dengan tarif hemat biaya. Ini dimungkinkan karena pada programmatic ads digunakan metode real-time bidding. Mereka pun dapat memanfaatkan reengagement dengan calon customer yang mengunjungi gerai secara langsung melalui targeted advance location yang mendekati lokasi gerai untuk push campaign kepada device calon customer.

Dengan solusi programmatic advertising ini juga mereka dapat memprediksi niat pembeli dengan tepat menggunakan annonim chart (statistic) yang terdapat dalam dashboard seperti lokasi, merek device, browser, provider, perilaku, dan lain-lain. Mereka kemudian mengidentifikasi creative banner campaign digital untuk ditunjukkan kepada tiap calon customer agar bisa menghasilkan konversi sales sebaik mungkin. Hasil digital campaign tersebut menggunakan fitur ReTargeting pada programmatic ads, yaitu (1) kenaikan PV/UV sebesar 80%; (2) CTR sebesar 43%; (3) rasio conversion rate 66%; dan (4) peningkatan penjualan sebesar 121%.

Laporan ditayangkan secara real-time dan dukungan analisis terperinci dari tim ASCOPE Ad Exchange membantu mereka menggunakan wawasan digital campaign untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik seputar alokasi anggaran pemasaran.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top