Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

Profesi Sales Person adalah Kepastian

MindiartoSetiap profesi adalah cara untuk mencapai tujuan dari kesuksesan seseorang di dalam menjawab tantangan saat mengarungi kehidupan.

Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran yang perlu dihadapi agar setiap orang menjadi cakap dan mendalami, hingga menjadi expertise di bidangnya—yang menjadi pilihan dari kesuksesan yang diinginkan.

Jika bercita-cita menjadi dokter maka seseorang perlu mempelajari ilmu tentang hal tersebut melalui jalur pendidikan di fakultas kedokteran; bila ingin menjadi pengacara/hakim/jaksa maka dia perlu menunaikan pendidikan di fakultas hukum. Begitu juga jika seseorang ingin menjadi ahli perekonomian, maka dia pun perlu memasuki jalur pendidikan di fakultas ekonomi, dan seterusnya.

Pertanyaan muncul kalau seseorang ingin menjadi salesman/tenaga penjual, harus masuk kuliah di fakultas manakah dia? Hampir dipastikan tidak ada seorang pun yang dapat memenuhi syarat dari fakultas penjualan di republik tercinta ini. Padahal profesi sebagai tenaga penjualan adalah sebuah “pilihan” yang tidak ada bedanya dengan profesi-profesi lain.

Memilih kehidupan dipastikan sangat tergantung “mindset”, pola tindak, rintangan, suka-duka, dan dibungkus oleh tekad. Seperti memilih jalan menuju suatu tempat, maka kita akan berhadapan dengan dekat-jauh, lancar-macet, jalan mulus-bergelombang, dan ketika memilih menjadi pedagang kita akan berhadapan dengan untung-rugi. Memilih profesi tertentu pun sama, kita akan berhadapan dengan mendukung-menolak, idealisme-pragmagtis, disiplin-pelanggaran, profesionalisme-konvensional.

Menjadi seorang sales person adalah pilihan, dan “setiap pilihan itu juga memastikan”, pasti kesuksesan menjadi tujuan utama. Seorang sales person pasti akan dipuji dan dicaci, menghadapi kemudahan dan kesulitan, kebahagiaan dan penderitaan, ditinggikan dan direndahkan.

Namun kalau menjadi seorang sales person sudah menjadi pilihan, maka tidak ada kata tidak bisa, tidak boleh berkata tidak siap, tidak boleh menarik diri. Harus digeluti, dinikmati, diatasi, dan dimenangkan! Pastikan pilihan profesi menjadi sales person adalah pilihan tepat walau tidak ada fakultasnya, karena menjadi sales person bisa diperoleh dari multidisiplin ilmu.

Setiap orang pada dasarnya harus menjadi penjual, yaitu untuk menjual gagasan, menjual solusi, menjual kepercayaan, menjual keyakinan, dan menjual keberuntungan untuk memastikan kemaslahatan bersama, yaitu pelanggan-diri sendiri-perusahaan. Pastikan profesi Anda sebagai jajaran penjual adalah sebuah kepastian yang tepat!
Mindiarto Djugorahardjo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top