www.marketing.co.id – Keberhasilan Google tidak lepas dari kepercayaan perusahaan dan pegawainya dalam bekerja. Oleh sebab itu, Google juga berharap prinsip kerja mereka dapat menjadi panutan konsumennya. Berikut prinsip yang mereka pegang:
1. Fokus Kepada Pengguna dan yang Lain Akan Mengikuti
Sejak awal, Google fokus terhadap pelayanan terbaik yang dapat diberikan kepada pengguna Google. Google merancang browser internet yang baru serta menambahkan fitur-fitur untuk memastikan pengguna dilayani dengan baik. Halaman depan situs Google juga jelas dan sedehana sehingga dapat dibuka dengan mudah.
2. Melakukan Satu Hal dengan Sangat Baik Adalah yang Terbaik
Google memiliki salah satu grup penelitian terbesar di dunia yang difokuskan secara eksklusif untuk pemecahan masalah pencarian. Mereka tahu apa yang mereka lakukan dengan baik, dan bagaimana mereka dapat melakukannya dengan lebih baik. Ke depannya Google berharap dapat melakukan pencarian untuk daerah yang sebelumnya belum diselidiki.
3. Cepat Lebih Baik
Google bertujuan untuk menyenangkan penggunanya dengan hasil pencarian yang dapat diperoleh dalam waktu singkat. Google telah melampaui rekor kecepatannya sendiri dengan mengurangi bits dan bytes dari halamannya dan meningkatkan efesiensi lingkungan server-nya.
4. Demokrasi Pada Situs
Google Search berhasil karena dukungan dari jutaan orang yang mengirim link di situs web untuk membantu menentukan situs lain yang menawarkan konten bernilai. Kami mengukur pentingnya setiap halaman menggunakan lebih dari 200 sinyal dan berbagai teknik, salah satunya algoritma PageRank™. Algoritma ini membantu Google menganalisis situs yang “dipilih” sebagai sumber informasi terbaik oleh halaman lainnya di seluruh web.
5. Anda Tidak Harus di Meja untuk Mendapatkan Jawaban
Google mempelopori teknologi baru dan menawarkan solusinya untuk melakukan sejumlah tugas pada handphone atau tablet, seperti memeriksa e-mail, acara di kalender, dan berbagai pencarian Google di handphone Anda.
6. Anda Dapat Menghasilkan Uang Tanpa Menjadi Jahat
Pendapatan Google datang dari sebagian penawaran teknologi pencarian pada beberapa perusahaan dan penjualan iklan yang ditayangkan di situs web.
Prinsip paduan yang digunakan Google untuk program iklan:
- Tidak mengizinkan iklan ditampilkan di halaman hasil kecuali mereka relevan dengan hasil penelusuran.
- Percaya bahwa iklan dapat efektif tanpa mencolok.
- Iklan di Google selalu dijelaskan sebagai “Sponsored Link,” sehingga tidak membahayakan integritas hasil pencarian.
7. Ada Banyak Informasi di Luar Sana
Setelah menyusun halaman HTML, teknisi Google mengalihkan perhatian mereka ke informasi yang tidak mudah diakses. Contoh upaya tersebut seperti menambahkan data nomor telepon dan pencarian alamat dan direktori bisnis. Sedangkan kemampuan untuk mencari arsip berita, paten, jurnal akademik, miliaran gambar dan jutaan buku juga sedang ditingkatkan.
8. Kebutuhan Informasi Melampaui Semua Batasan
Google memiliki kantor di lebih dari 60 negara, memelihara lebih dari 180 domain internet, dan menawarkan hasil penelusuran Google Search dalam lebih dari 130 bahasa – menawarkan kemampuan untuk membatasi hasil agar menghasilkan konten dalam bahasa Anda sendiri.
9. Anda Bisa Sukses Tanpa Seragam
Pendiri Google membangun Google di sekitar gagasan bahwa pekerjaan harus menantang, dan tantangan tersebut harus menyenangkan. Atmosfer kerja Google mungkin santai tapi berbagai ide baru muncul dalam kafe, pada pertemuan tim atau di gym. Ide-ide tersebut diajukan, diuji, dan dipraktikkan dengan kecepatan memusingkan – dan mereka mungkin landasan proyek baru yang digunakan di seluruh dunia.
10. Hebat Ternyata Tidak Cukup Baik
Google melihat hal besar sebagai titik awal, bukan titik akhir. Google menentukan tujuan yang sudah diketahui belum bisa dicapai. Melalui inovasi dan pengulangan proses, Google bertujuan untuk membawa hal-hal yang berjalan dengan baik dan memperbaikinya dengan cara yang tak terduga.
Jika Anda tidak tahu persis apa yang Anda cari, mencari jawaban di web adalah masalah Google, bukan Anda. Google mencoba mengantisipasi kebutuhan yang belum tersampaikan oleh pengguna dan memberikan konsumen produk dan layanan dengan standar baru. Ketidakpuasan menjadi motivasi di balik semua yang dilakukan Google. (Clarissa Chen)
(Sumber: www.google.com)