Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Polusi Bisa Disebarkan Dari Panggangan Roti

Via Banggood.com

Sarapan roti panggang memang praktis, apalagi tinggal memasukkannya ke dalam toaster. Tetapi hati-hati, penelitian terbaru menyebut panggangan roti tersebut juga bisa melepaskan partikel berbahaya. Seperti halnya lilin, kompor gas, dan tungku kayu, toaster atau panggangan roti disebut sebagai sumber polusi bagi mereka yang memasak di dalam rumah. Ini terungkap dalam sebuah penelitian di University of Texas.

Toaster disebut akan melepaskan partikel sejak elemen pemanasnya dinyalakan. Partikel-partikel tersebut berasal dari serpihan-serpihan roti dan juga minyak yang menempel. “Ini akan menyebabkan apa yang Anda sebut tingkat polusi yang ‘sangat tidak sehat’ dibandingkan standar kualitas udara luar ruangan,” kata Marina Vance yang memimpin penelitian ini, dikutip dari Dailymail. Namun siapa sangka alat ini ternyata justru menjadi sumber polusi udara di rumah Anda. Memperingati bahwa pemanggang roti, lilin, dan alat rumah tangga yang menghasilkan asap membuat orang terpapar lebih banyak polusi udara daripada berdiri di persimpangan jalan yang sibuk.

Mambakar roti sangat berbahaya. Jika tidak cukup dengan roti yang diolesi mentega, para peneliti menyarankan, cukup panasnya hingga renyah. Selain partikel beracun yang bisa melayang di udara, Vence mengingatkan bahwa partikel tersebut juga bisa menempel di roti yang bersentuhan langsung dengan mesin pemanggang. Untuk mengurangi risiko negatif dari penggunaan toaster ini, Vence mengimbau agar Anda memanaskannya hingga kering.

Penyebab polusi di rumah tangga lainnya, termasuk pembersih rumah, pembersih udara, dan semprotan. Kegiatan memasak seperti memanggang dan menggoreng juga bisa mencemari udara di rumah.Organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan tidak lebih dari 25 mikrogram partikel halus tiap meter kubik udara. Ketika toaster dinyalakan, disebutkan tingkat polusi yang dilepaskan lebih tinggi dari standar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top