Tingkat kelahiran bayi di Indonesia cenderung tinggi dan stabil. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai “lahan basah” bagi produk-produk perlengkapan bayi. Terlebih lagi, jumlah keluarga dengan double income di Indonesia yang terus meningkat.
Berdasarkan data Top Brand yang dirilis Frontier Consulting Group, ada empat pemain besar yang bersaing ketat di kategori botol susu bayi, yaitu Pigeon, Huki, Dodo, dan Cussons.
Dari keempat pemain tersebut, Pigeon mengungguli ketiganya dan berhasil memborong penghargaan Top Brand for Kids & Teens 2014. Pigeon melahap habis penghargaan di semua kategori, mulai dari botol susu, dot botol, cairan pembersih botol dan aksesoris bayi, sikat pembersih botol, breast pump, bottle steamer/sterilization, box asi, dan perlengkapan makan bayi
“Kunci kesuksesan Pigeon adalah membuat konsumen puas dengan produk yang ada,” ucap Anis Dwinastiti Head of Marketing Pigeon Baby & Teens Division PT Multi Indocitra Tbk ketika ditemui di sela-sela acara Top Brand for Kids & Teens 2014 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta (17/4).
Untuk selalu menjamin kepuasan konsumen, Anis mengatakan Pigeon selalu membuat produk berdasarkan studi, untuk mengetahui kebutuhan pasar. Setelah itu, produk dikembangkan dan diproduksi untuk memberikan keamanan.
“Hal ini dilakukan agar konsumen yang menggunakan produk Pigeon merasa puas. Biasanya ketika mereka puas mereka akan kembali membeli,” terang Anis bangga.
Namun, dengan kompetisi yang ada, setiap tahun selalu muncul ibu baru, mengandalkan produk saja belum lah cukup. Anis melanjutkan, “Kita tidak bisa mengandalkan produk saja. Kita harus melakukan komunikasi di mana ada engagement dengan konsumen. Caranya dengan melakukan banyak aktivitas untuk mengikat engagement dengan konsumen.”
Menurut Anis, salah satu kelebihan Pigeon adalah inovasi. Untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan para ibu, Pigeon selalu melihat perubahan-perubahan yang ada.
Untuk mempertahankan penghargaan Top Brand for Kids & Teens 2014 yang telah diraihnya tersebut, Anis mengatakan bahwa Pigeon akan terus melakukan inovasi, baik dari segi produk maupun komunikasi. Kedua hal tersebut sangat penting agar keunggulan Pigeon bisa dikomunikasikan dengan baik.
Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu