Petrus Yuniarto: Keberhasilan itu Diawali dengan Membangun Manusianya

Marketing.co.id- Siapa tak kenal dengan merek Olympic  salah satu produsen furniture terbesar di Indonesia. Setelah beroperasi selama lebih dari 29 tahun, Olympic  telah menjadi perusahaan terkemuka yang memenuhi kebutuhan furniture baik dalam maupun luar negeri.

Saat ini Olympic  sudah mempunyai  70 cabang  di seluruh Indonesia yang mendistribusikan ke lebih dari 3600 toko, baik Traditional Retails Outlet maupun Modern Retails Outlet, dan pendistribusian ke lebih dari 100 negara dipelosok dunia.

Bagaimana strategi dan inovasi Olympic bisa mempertahan brand ini sampai sekarang. Berikut ini adalah petikan wawancara wartawan Portal Marketing.co.id Hernawan dan fotografer Lilyanti dengan Petrus Yuniarto, General Manager  PT Cahaya Sakti Multi Intrasco (Olympic).

Bagaimana Olympic bisa berhasil membangun merek di Indonesia?

Olympic inikan merek yang sudah cukup lama, dimulai dari tahun 1983 jadi sudah 29 tahun dan perjalanannya sudah cukup panjang. Perlu diketahui juga bahwa Olympic adalah pelopor pertama untuk produk Knock Down Furniture , dan masyarakat melihat produk Olympic cukup tinggi.

Bisa dijelaskan kenapa Olympic bisa bertahan sekian lama?

Olympic bisa bertahan sekian lama salah satunya karena kita membangun hubungan dengan retail  itu cukup bagus, jadi retail ini termasuk endorser dari  brand Olympic. Sehingga masyarakat tetap loyal terhadap brand Olympic ini. Selain itu, k ita juga selalu menjaga komunikasi  dengan costumer/ in user melalui pameran diantaranya. Terus terang iklan kami di tv memang menurun tapi kita alihkan ke hal-hal lain yang lebih mendekati ke customer seperti  membina hubungan dengan mereka. Kita juga selalu mengembangkan produk baru dengan desain sesuai dengan kebutuhan masyarakat tentunya. Mengenai harga kita selalu melihat kebutuhan masyarakat agar  harga-harga produk yang kita pasarkan bisa terjangkau.

Bagaimana  Olympic mempertahankan kinerja di pasar ditengah persaingan yang begitu ketat?

Bagi Olympic untuk mempertahankan kinerjanya  yang pertama kita bangun  manusianya. Jadi kami di Olympic ini punya cara membangun manusia  supaya manusia ini, menjadi manusia yang tangguh. Jadi kalau kita punya strategi sehebat apaun juga,  tapi kalau manusianya  tidak bagus akan percuma. Kami disini membagun manusia dengan semangat yang tinggi dan selalu berpikiran positf  dan pantang  menyerah dalam kondisi apapun juga. Seandainya kita ini kalah di pasar tapi kalahnya itu kalah dengan darah penghabisan.  Manusia ini, benar-benar manusia  pilihan dan menjadi brand ambassador bagi Olympic . Tidak ada hal yang tidak dilakukan oleh manusia, katakan komputer tetap saja operatornya manusia. Jadi manusia itu hal yang utama yang kita benahi di Olympic ini.

Apa kelebihan Olympic dibanding dengan kompetitor lain?

Memurut survei di masyarakat kenapa suka dengan produk Olympic yang pertama program nya cukup kuat lalu variasi produknya cukup banyak, dan mereka jika mau beli Olympic tidak susah dan di setiap  toko furniture itu pasti ada.

Bagaimana menjaga loyalitas pelanggan bagi Olympic sendiri?

Pelanggan kita itu sebenarnya  ada pada toko, jadi 100 persen penjualan produk kita itu berada di toko. Dan toko itu selalu  kita service seperti  kita adakan pameran di toko tersebut lalu toko itu display-nya kita benarkan . Tidak itu saja setiap tahun pada hari pelanggan kita bersih- bersih di toko-toko itu dan bersih- bersih itu kita lakukan dari  pucuk pimpinan  Olympic sampai helper.

Inovasi apa yang dilakukan Olympic agar tetap eksis di pasaran?

Untuk membangun merek itu bisa dari produk  yang selalu kita kembangkan terus menerus. Dan yang terpenting lagi yakni manusianya karena dia sebagai brand ambassador yang bagus bagi Olympic sendiri.

Adakah pengaruhnya bagi Olympic  dengan mendapat penghargaan dari Top Brand Award ?

Top Brand Award inikan hasil survei dari masyarakat jadi sebenarnya masyarakat itu sendiri yang memberikan penghargaan kepada Olympic.  Dan pengaruh pasti ada  dengan adanya Top Brand ini.selain itu, Olympic ini harus menjadi brand yang baik dan Olympic ini harus dicintai oleh masyarakat Indonesia karena Olympic inikan buatan asli Indonesia .

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.