Peter Pezaris – Mengawal Transformasi Multiply Menjadi Destinasi Belanja Online

0
[Reading Time Estimation: 4 minutes]

www.marketing.co.id – Tanpa dukungan dari Multiply Inc., saat ini Multiply Indonesia sudah menduduki posisi 25 di Alexa ranking. Suatu prestasi yang tidak bisa dianggap remeh. Multiply global pun kerap terkagum-kagum karena Indonesia ada di peringkat pertama untuk jumlah pengunjung unik di website tersebut. Jumlah gerai baru sebanyak 2.000 di Indonesia semakin meyakinkan Multiply Inc. untuk mengembangkan investasi di Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan Multiply dengan membuka kantor perwakilan di Indonesia sejak April 2011 lalu. Ini menjadi salah satu bagian dari rencana perusahaan untuk melakukan transformasi menjadi destinasi belanja online yang membawa semangat sosial paling dominan di Asia Tenggara. Tentunya, rencana-rencana yang telah dilakukan Multiply tak lepas dari kinerja Peter Pezaris selaku pendiri dan CEO Multiply.

Sebelum menjadi pendiri dan CEO Multiply, Peter sempat menjadi presiden operasional dan pengembangan di CBS Sportline. Saat itu, dia bertugas untuk mengawasi operasional dari nfl.com, pgatour.com, cbs.sportline.com, dan mvp.com. Website tersebut melayani jutaan halaman setiap tahun untuk puluhan juta pelanggan. Berikut ini adalah hasil wawancara eksklusif wartawati majalah Digital Marketing Fisamawati dengan Peter Pezaris.

Saat itu, bagaimana kondisi Multiply?

Ketika Multiply diluncurkan pada tahun 2004, situs jejaring sosial ini adalah cara terbaik untuk bertemu orang baru dengan tingkat popularitas tertinggi. Saya melihat nilai lebih dalam menggunakan jaringan sosial untuk menghubungkan orang dengan teman dan keluarga yang ada. Bahkan, memungkinkan juga untuk berbagi kehidupan melalui foto, video, dan media lain. Tentunya, situs Multiply lebih aman dan nyaman daripada situs jejaring sosial lainnya.

Bagaimana kondisi bisnis website sekarang ini, khususnya jaringan sosial?

Website dan media sosial pada khususnya telah memberdayakan penjual independen skala kecil-menengah dengan kemampuan untuk menjalankan usaha dan bisnis dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah dari sebelumnya. Tak hanya itu, pembeli pun mendapatkan akses informasi produk melalui jaringan lain. Semakin sering penjual masuk ke situs ini, pembeli pun akan mengikuti. Sebagian bisnis kami berubah dari media sosial menjadi media jual-beli berbasis jaringan sosial, kami mulai melakukan kegiatan ini dan menawarkan dukungan atau fitur yang lebih baik untuk komunitas kami yang berkembang diantara pembeli dan pedagang.

Langkah pertama adalah menciptakan sebuah direktori, yang disebut Marketplace Multiply, untuk membantu pemilik toko dan membantu pembeli menemukan produk-produk. Sekarang, kami berencana untuk memperkenalkan versi terbaru dari Marketplace dalam beberapa bulan mendatang, dengan fitur keranjang belanja terpadu dan proses pembayaran untuk membuat belanja lebih mudah. Sebagian besar aktivitas kami terjadi di Asia Tenggara, dan baru-baru ini kami membuka kantor lokal di Jakarta danManila, Filipina.

Multiply berawal dari sebuah wadah untuk berbagi foto, video, dan lainnya dengan orang terdekat dalam kehidupan nyata. Namun, sekarang Multiply telah berevolusi menjadi salah satu pusat perbelanjaan online paling besar di dunia, yang menghubungkan pedagang dan pembeli yang tertarik dengan berbagai macam produk dan layanan.

Jutaan pembeli di Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura telah menjadikan Multiply sebagai destinasi berbelanja favorit. Dengan puluhan ribu gerai online yang dapat dijelajahi dan menjadi wadah untuk berinteraksi, berbelanja melalui Multiply terasa bagaikan berbelanja dengan teman dekat ke pusat perbelanjaan—dengan lebih mudah dan nyaman.

Apa inovasi yang dilakukan Multiply dibawah kepemimpinan Anda?

Multiply telah melakukan beberapa inovasi teknologi, termasuk menjadi situs jejaring sosial pertama seperti yang telah kita ketahui. Multiply adalah situs pertama untuk memungkinkan berbagi jenis media yang berbeda—foto, video, blog, dan lainnya, yang pertama untuk mengintegrasikan media berbagi dalam jaringan sosial, yang pertama untuk memungkinkan berbagi dengan teman-teman, dan inovasi kami yang paling penting adalah The Social Inbox.

Multiply’s Inbox, kadang-kadang disebut news feed atau aliran berita, memberikan konten kepada pengguna yang paling relevan untuk mereka dalam jaringan sosial pribadi mereka. Ketika diluncurkan pada tahun 2004, fitur ini adalah ciri utama, meskipun banyak pesaing memperkenalkan fitur serupa beberapa tahun setelah peluncuran tersebut sampai hari ini.

Multiply’s Inbox tetap menjadi fitur favorit di antara pembeli dan penjual yang menggunakannya untuk berkomunikasi dan melacak diskusi mereka tentang suatu produk. Multiply juga memperkenalkan inovasi seperti Auto Uploader—aplikasiyang secara otomatis mendeteksi foto dan video di komputer dan upload langsung ke profil.

Kesuksesan Multiply dibangun dari fondasi inovasi yang kuat dan teknologi yang kreatif. Para pemilik gerai menyukai foto dengan resolusi tinggi yang dapat menunjukkan produk mereka dalam pencahayaan paling baik, dengan tempat penyimpanan tanpa batas, dan perangkat online editing. Sementara itu, pengaturan tingkat privasi yang kuat memungkinkan pembeli dan pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan dengan penjual yang sesuai. Teknologi Multiply yang maju dan mudah digunakan telah memungkinkan penggunanya untuk membangun pusat perbelanjaan online paling besar secara regional.

Diluncurkan pada tahun 2004 dan berkantor pusat di Boca Raton, Florida, USA, Multiply juga merupakan jaringan sosial kedua terbesar di Asia Tenggara—dengan jutaan anggota di Amerika Serikat, Brazil, India, dan masih banyak lagi—tempat keluarga dan teman dapat terus berbagi kenangan, cerita, ulasan, dan rekomendasi belanja mereka.

Apa kunci sukses kepemimpinan Anda?

Ini mungkin terdengar klise, tetapi kunci terpenting untuk sukses dalam kepemimpinan adalah dengan mengelilingi diri dengan orang yang tepat—terutama orang-orang yang lebih pintar dari Anda. Saya sangat beruntung dalam hal ini selama bertahun-tahun.

Bagaimana Anda memandang keberhasilan?

Pebisnis yang sukses adalah orang yang memberi kembali kepada masyarakat, dan membuat orang hidup lebih baik dalam cara yang lebih berarti. Multiply tidak hanya menyediakan kesempatan bagi pembeli untuk menemukan tawaran terbaik atau untuk menemukan pakaian yang sempurna, tetapi juga memungkinkan penjual—wirausaha—untuk memulai bisnis baru, mencapai target bisnis yang baru, dan dalam beberapa kasus dapat pula meningkatkan karier.

Apa filosofi kepemimpinan yang Anda pegang?

Saya percaya dalam memimpin sebagai contoh, bahwa pemimpin dari setiap organisasi harus menetapkan standar dalam komitmen, usaha, dorongan untuk mengarahkan, danantusiasme.

Apa visi Bapak untuk Multiply?

Untuk memperkenalkan cara baru berbelanja di Indonesia, yang pembeli dan penjualnya dapat berinteraksi dalam lingkungan yang aman dan menyenangkan. Dan di sana tercipta jaringan teman-teman baru, kesepakatan baru pun dapat ditemukan, dan bisnis baru bisa diluncurkan.

Multiply memutuskan untuk bertumbuh kembang di Indonesia karena melihat pangsa pasar online di Indonesia yang sangat luar biasa saat ini. Multiply berencana memimpin masa depan dengan menjadikan Multiplysebagai pasar berbelanja online terdepan di Indonesia yang akan membantu wirausaha Indonesia untuk membawa bisnis mereka dari offline menjadi online. (Fisamawati)