Pertumbuhan Konsumsi Konten Digital: Peluang bagi Kreator Konten di Indonesia

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketingcoid – Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan konsumsi konten digital tahun ini yang disebabkan oleh meningkatnya penggunaan jaringan sosial dan pengguna jaringan seluler.

Keduanya akan terus menstimulasi konsumsi konten digital dan membangunkan kembali penulis konten yang “tertidur”.

konten websiteUC News – distributor konten UC Web – dalam laporan terbarunya menunjukkan terbukanya kesempatan We-Media, atau pembuat konten yang termasuk KOL (Independent Key Opinion Leaders), penerbit individu, dan lainnya di Indonesia.

Dalam laporan tersebut menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam konsumsi konten berita di semester 2 tahun 2016, dimana pageviews di UC News pada kuartal 4 meningkat 307% dibandingkan kuartal sebelumnya, dan durasi membaca meningkat menjadi 260% pada periode yang sama. Tren konsumsi konten di UC News tersebut menunjukan potensi besar perkembangan We-Media.

“Menurut hasil observasi kami dan riset industri, saat ini terdapat 7.000 reporter, jurnalis dan editor yang bekerja di industri media Indonesia. Sekitar 3,8% (sekitar 3 juta) dari total pengguna internet aktif di Indonesia adalah blogger,” ujar Jack Huang, President of Overseas Business, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group. 

Jack Huang memprediksi akan lebih banyak kreator konten profesional yang akan mengenalkan dirinya sebagai “We-Media”, sebutan bagi mereka yang menekuni dunia penerbit independen dan individu penyedia konten yang dapat memberikan pengaruh.

Jack Huang juga memperkirakan akan lebih banyak lagi konsumen konten digital yang menyebut dirinya “prosumer” – konsumen yang juga terlibat dalam produksi konten, yang mana akan berkontribusi kepada peningkatan pembuat konten digital di Indonesia.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here